Cara Mengajari Anak Membaca tanpa Mengeja

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang cara mengajari anak membaca tanpa mengeja, mari kita bahas tentang kemampuan membaca terlebih dahulu.

Pada intinya kemampuan membaca adalah kemampuan yang digunakan untuk memahami dan menafsirkan pesan  secara tertulis oleh pihak lain.

Kemampuan yang dimaksud tidak hanya berkaitan dengan pemahaman simbol-simbol tertulis, tetapi juga dalam memahami pesan atau makna yang disampaikan oleh penulis.

Setiap anak memiliki kemampuan membaca yang berbeda-beda, anak dapat dikembangkan dengan baik jika pembelajaran membaca dilakukan sesuai dengan tahapan membaca.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menstimulasi potensi anak sesuai dengan tahap perkembangannya, agar kemampuan dalam membacanya berjalan dengan optimal.

Seberapa pentingkah membaca untuk anak ?

Membaca merupakan sebuah kemampuan yang berasal dari individu dan dipelajari sejak usia dini. Usia mempengaruhi tingkat kemampuan belajar membaca itu sendiri.

Untuk itu, pentingnya bagi anak belajar membaca sejak dini. Dengan membaca, anak akan memenuhi rasa ingin tahu mereka. Serta dapat mempelajari hal baru dengan mudah dan efisien.

Anak yang memiliki hobi membaca akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki kebahasaan tinggi, wawasan yang luas serta mampu berfikir logis dan kreatif.

Ada beberapa cara untuk mengajari anak membaca tanpa mengeja

Penggunaan cara yang tepat akan mempengaruhi tingkat pemahaman membaca pada siswa. Berikut adalah beberapa cara/tips yang dapat dilakukan :

1. Ajarkan lambang bunyi huruf dalam berbagai contoh kata

Ini adalah cara klasik dan dasar yang dapat dipraktikkan oleh orangtua dirumah. Melalui lambang bumgi huruf dalam berbagai contoh kata dalam keseharian.

Misalnya, bunyi huruf  “B” yang terdapat dalam kata “Bebek” atau huruf “A” dalam kata “Apel”. Ajak anak untuk mencari bersama contoh kata lain, hal ini akan mengasah kinerja otak anak secara lebih efektif.

2. Sesekali ajarkanlah melalui lagu

Selain dari mencari contoh kata, orangtua juga bisa memanfaatkan lagu sebagai cara untuk mengajarkan anak membaca tanpa mengeja.

Misalnya huruf “S” ada di dalam lagu bait Saya, S S S Saya… dan sebagainya. Dengan menggunakan cara ini pembelajaran akan menjadi menyenangkan.

3. Menggunakan gambar menarik

Masa kanak-kanak merupaka masa bermain sambil belajar. Penggunaan gambar akan menarik perhatian anak tersebut dan timbul rasa ingin tahu di dalam dirinya.

Contoh penerapannya bisa menggunakan buku bacaan atau visual audio seperti youtube, dan lain-lain. Ajaklah anak untuk mengulang kata-kata yang terdapat di dalam buku atau video tersebut.

Bagaimana ? Sangat menyenangkan bukan untuk mempraktikkan cara mengajari anak membaca tanpa mengeja. Mari kita bekerja sama untuk membuat Indonesia melek huruf.

sumber image : https://www.kompasiana.com/tiyah/5c9caf1895760e423958ce23/membuat-anak-gila-membaca

http://muslana-alazhar.blogspot.com/2019/09/tema-2-kegemaranku-subtema-4-gemar.html

mengajari-anak-membaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *