4 Langkah Menyelenggarakan Praktikum yang Efektif

praktikum-efektif
Langkah Menyelenggarakan Praktikum yang Efektif (Foto: wawasanpendidikan.com)

Praktikum adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari. Tak melulu kegiatan di dalam kelas yang selalu membahas teori, siswa juga membutuhkan kegiatan untuk mengaplikasikan materi. Pada dasarnya, kegiatan praktikum dilakukan untuk menguji suatu teori atau atau hipotesis.

Fungsi Praktikum

Berbicara mengenai praktikum, kegiatan tersebut memiliki sejumlah fungsi penting bagi aktivitas belajar. Berbagai fungsi tersebut bagi siswa, antara lain:

  • Fungsi kognitif, yaitu dapat membangun pemahaman yang lebih baik mengenai suatu materi,
  • Fungsi desain, yaitu dapat membangun kemampuan menyusun hipotesis dan melaksanakan penilitian,
  • Fungsi sosial, yaitu dapat membangun kemampuan berkomunikasi, kerja sama, dan penyusunan laporan,
  • Fungsi profesional, yaitu dapat membangun terkait profesi, perkembangan terkini, dan membangun etika yang sesuai dengan bidangnya.

Tak melulu dilakukan di laboratorium, praktikum juga bisa dilakukan di lapangan atau di lingkungan alami. Tentu hal tersebut sesuai kebutuhan atau disesuaikan dengan materi atau teori yang hendak diuji. Melakukan integrasi praktikum dalam kegiatan belajar mengajar mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi.

Langkah Menyelenggarakan Praktikum yang Efektif

Kegiatan praktikum memungkinkan para siswa untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan juga sikap dalam menggunakan sarana laboratorium. Untuk memperoleh tujuan pelaksanaan praktikum, maka perlu dilakukan perencanaan untuk menyelenggarakan praktikum yang efektif. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh guru untuk menyelenggarakan praktikum yang efektif.

1. Menyelaraskan dengan Materi Belajar

Bukan rahasia lagi bahwa kegiatan praktikum dilakukan untuk menguji suatu teori atau materi yang telah dipelajari di kelas. Dengan demikian, guru perlu melakukan integrasi antara praktikum dengan materi belajar, sehingga apa yang dipelajari oleh siswa selaras.

2. Mempersiapkan Kebutuhan Praktikum

Pelaksanaan praktikum perlu dipersiapkan dengan matang, mulai dari ruangan dan infrastruktur. Guru juga perlu memperkirakan kapasitas ruang dan pembagian kelompok apabila diperlukan, sehingga target pencapaian yang diharapkan saat praktikum dapat terpenuhi.

3. Mendesain Agar Mencapai Tujuan yang Diharapkan

Langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah mendesain praktikum sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Guru dapat merumuskan tujuan yang jelas dan relevan mengenai penyelenggaraan praktikum. Misalnya saja, indikator keberhasilan praktikum dan capaian yang diharapkan setelah penyelenggaraan praktikum. Dengan demikian, guru akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi untuk pelaksanaan praktikum berikutnya.

4. Menciptakan Suasana yang Kondusif

Baik praktikum di laboratorium maupun di lapangan, sudah sepatutnya guru menciptakan suasana praktikum yang kondusif. Guru bisa mengatur sedemikian rupa agar para siswa dapat berkegiatan dengan serius namun tetap menyenangkan. Lama waktu praktikum juga perlu dipertimbangkan, sehingga siswa dapat belajar secara optimal tanpa merasa bosan.

Mempersiapkan praktikum yang efektif memang memerlukan banyak upaya. Namun, hal tersebut perlu dilakukan, sehingga praktikum bisa menjadi pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan bagi siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *