Masalah dan Solusi Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang sudah sepatutnya dikuasai oleh masyarakat di era globalisasi ini. Bukan rahasia lagi, bahwa kemampuan bahasa Inggris akan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk memahami tulisan pada produk, aplikasi, hingga situs web. Bahkan, sudah banyak pekerjaan yang mencantumkan keahlian bahasa Inggris sebagai salah satu persyaratannya.

Pentingnya kemampuan tersebut membuat mata pelajaran bahasa Inggris tidak boleh disepelekan. Sayangnya, banyak yang menganggap pelajaran bahasa Inggris sulit untuk dikuasai. Berikut adalah beberapa alasan pelajaran bahasa Inggris terasa sulit untuk dikuasai.

1. Kosakata yang Banyak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Oxford University, hampir setiap 90 menit sekali ditemukan satu kata baru dalam Bahasa Inggris. Tak heran jika bahasa Inggris memiliki kosakata yang banyak. Meningkatnya kosakata ini banyak dipengaruhi oleh bahasa lain, seperti bahasa Latin hingga Yunani kuno.

Hal ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kesulitan dalam penguasaan kosakata. Untuk mengatasinya, sebaiknya kuasai terlebih dahulu kosakata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari sambil terus menambah kosakata baru setiap harinya.

2. Pengucapan atau Pronouncation

Menjadi bahasa global, membuat bahasa Inggris kerap digunakan sebagai bahasa pengantar utama di berbagai negara. Hal ini menyebabkan munculnya banyak perbedaan dalam pengucapan atau pronouncation. Dua logat bahasa atau dialek yang paling dikenal adalah British English dan American English.

Secara garis besar, dialek mana saja yang hendak digunakan tidak menjadi masalah. Kamu bisa memilih dialek mana saja sesuai preferensi. Yang terpenting adalah pesan yang ingin disampaikan pada lawan bicara dapat tersampaikan.

3. Metode Belajar Kurang Relevan

Banyak yang memiliki keinginan untuk dapat menguasai bahasa Inggris, namun bingung untuk memulainya. Salah satu metode yang sering digunakan oleh para pelajar adalah menghafal dari buku. Ada pula yang hanya menggunakan metode tradisional yang berfokus pada grammar.

Perlu dipahami bahwa metode yang terbaik adalah memahami tujuan belajar bahasa Inggris itu sendiri, yaitu untuk berkomunikasi. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sangat penting. Memahami grammar saja belum tentu menjamin dapat melakukan komunikasi dengan baik. Kunci dari belajar bahasa Inggris adalah terus mempraktikannya, baik dengan membaca, berbicara, dan menulis.

Bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Inggris secara intensif, ada baiknya untuk meminta bantuan profesional dengan mengikuti kursus. Temukan lingkungan belajar yang kondusif, serta buatlah waktu khusus sehari-hari untuk berlatih.

Konsistensi, motivasi, dan metode yang baik sangat diperlukan untuk mendukung penguasaan bahasa Inggris secara efektif. Tak melulu dengan berlatih berbicara, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris secara menyenangkan dengan membaca buku, mendengarkan lagu, hingga menonton film berbahasa Inggris.

Sumber gambar: englishlive.ef.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *