8 Standar Nasional Pendidikan

Standar pendidikan adalah sebuah kriteria minimal dari berbagai aspek penilaian dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

Tujuan utama pemerintah mengeluarkan standarisasi ini adalah untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan guna mewujudkan cita-cita bangsa.

Dalam penyusunannya, standar pendidikan tersebut telah disempurnakan dengan perencanaan yang matang dan terarah. Pada setiap proses nya pasti menyesuaikan perubahan dalam kehidupan standar nasional maupun global.

8 Standar pendidikan di Indonesia

Peningkatan sebuah kualitas hendaknya harus dilakukan agar setiap daerah di Indonesia memiliki standarisasi yang sama. Berikut adalah 8 standar pendidikan yang harus kita ketahui :

1. Standar isi pendidikan

Pada standar isi harus memuat beberapa komponen yaitu kerangka dasar, beban belajar, kalender akademik, dan pelaksanaan kurikulum.

Mencakup materi dan tingkat kompetensi minimal dari para siswa di suatu jenjang pendidikan. Standar isi disebut juga standar yang mengatur materi demi mewujudkan lulusan berkompeten.

2. Standar proses pendidikan

Standar yang kedua adalah standar proses. Kaitannya adalah dengan proses pembelajaran berlangsung pada tiap-tiap jenjang satuan pendidikan.

Pada standar proses ini digunakan sebagai pedoman dalam melakukan proses pembelajaran yang efektif dan efisien guna menumbuhkembangkan potensi anak, prakarya dan kemampuan secara lebih optimal.

3. Standar kompetensi lulusan

Standar kompetensi lulusan adalah sebuah kriteria tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik.

Fungsi dari standar ini diantaranya yaitu menjadi pondasi terhadap kecerdasan dan akhlak anak saat sedang menjalani pendidikan dasar maupun umum.

4. Standar pendidik serta tenaga kependidikan

Tenaga kependidikan adalah seluruh orang yang terlibat dalam sebuah instansi pendidikan. Seperti kepala sekolah, operator, guru, pengawas sekolah, dan penjaga perpustakaan.

Agar mampu mencapai standar baik dari pendidik maupun tenaga kependidikan harus memiliki kualifikasi akademik yang mumpuni.

5. Standar sarana dan prasarana sekolah

Agar berlangsungnya proses pembelajaran yang baik, sebaiknya sebuah sekolah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai. Guna menunjang proses pembelajaran.

Sarana yang wajib dimiliki diantaranya adalah buku cetak, media pembelajaran, perabot dan perlengkapan lainnya.

6. Standar pengelolaan pendidikan

Yang dimaksud dengan standar pengelolaan pendidikan adalah standar nasional dari pemerintah yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan proses pembelajaran.

Fungsi dari standar pengelolaan adalah sebagai acuan untuk mengelola sebuah sekolah dari berbagai sisi, baik itu kurikulum, kesiswaa, maupun sarana dan prasarananya.

7. Standar pembiayaan

Proses pendidikan akan terlaksana dengan baik apabila adanya pembiayaan yang berkelanjutan. Terdiri dari tiga jenis biaya, yaitu : biaya investasi, biaya personal, dan biaya operasi.

8. Standar penilaian satuan pendidikan

Di dalamnya mengatur tentang segala hal yang berkaitan dengan prosedur penilaian terhadap peserta didik. Proses penilaiannya pun harus dilakukan secara adil, objektif dan edukatif. Inilah Standar pendidikan yang harus kita pahami agar tercapainya kemajuan bangsa.

sumber gambar : https://kumparan.com/berita-bisnis/8-standar-pendidikan-nasional-dan-penjelasannya-1wq6oBR5wgu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *