5 Tips Menjadi Guru Teladan bagi Siswa

Guru adalah salah satu profesi yang mulia, karena memiliki tugas mendidik, membimbing dan mengajarkan ilmu bagi generasi bangsa. Menjadi guru teladan tentu menjadi dambaan setiap pendidik di dunia pendidikan. Sebagaimana peribahasa mengatakan, “guru kencing berdiri, murid kencing berlari.” Maka sudah sepatutnya seorang guru mampu menjadi teladan atau contoh positif bagi peserta didiknya.

Tips Menjadi Guru Teladan

Tak hanya mengajarkan pendidikan formal, guru juga perlu memberikan pendidikan lainnya dan bisa menjadi sosok yang diteladani para peserta didiknya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti para pendidik untuk menjadi guru teladan.

1. Berkomunikasi dengan Siswa

Komunikasi adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, begitu pula sebagai guru. Untuk menjadi guru teladan, sudah sepatutnya untuk mampu berkomunikasi dengan para peserta didik. Komunikasi penting untuk memahami karakter masing-masing siswa, sehingga guru lebih mudah untuk menentukan pendekatan dan cara belajar yang efektif bagi peserta didik. Komunikasi dua arah sangat diperlukan demi kelancaran proses belajar mengajar.

guru-teladan-siswa

2. Memberi Contoh Positif

Tak hanya mampu memberikan teori saja, seorang guru teladan juga harus bisa memberikan contoh yang baik bagi para muridnya. Misalnya saja kebiasaan-kebiasaan sederhana, seperti tidak datang terlambat, membuang sampah pada tempatnya, hingga tepat waktu dalam mengajar. Guru juga perlu bersikap ramah dan menyenangkan serta sopan santun yang kemudian akan menjadi contoh bagi murid dan menjadi bekal dalam kehidupan bersosial sehari-hari.

3. Mampu Memposisikan Diri

Selain memposisikan diri sebagai guru, seorang pendidik juga perlu untuk menempatkan dirinya dalam keadaan atau situasi tertentu. Misalnya saja menjadi sahabat bagi anak didik agar nyaman untuk berbagi masalah, menjadi orang tua untuk mendidik, menjadi motivator untuk memberikan dorongan semangat, hingga menjadi mediator apabila terjadi masalah. Dengan demikian, peserta didik akan merasa nyaman untuk mengekspresikan diri dan meminta solusi pada setiap kendala atau permasalahan yang dimiliki.

4. Membuat Peraturan untuk Kedisiplinan

Dalam kegiatan belajar dan mengajar, peraturan dibutuhkan untuk memastikan kegiatan pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan nyaman. Peraturan berperan sebagai rambu-rambu yang wajib dipatuhi oleh semua siswa, tentunya dengan kesepakatan bersama. Misalnya saja mengenai ketentuan berpakaian, waktu dimulainya jam pelajaran, hingga ketertiban piket. Peraturan sudah sepatutnya dilaksanakan dengan konsisten dan tegas, disertai dengan sanksi sebagai konsekuensi apabila terjadi pelanggaran.

5. Bangga Berprofesi Guru

Salah satu tips mendasar untuk menjadi seorang guru teladan adalah bangga akan profesinya. Dengan kebanggaan ini, guru akan berusaha untuk menjaga nama baik profesinya dengan menjalankan tugas atau tanggung jawab sebagai seorang pendidik.

Demikianlah beberapa tips yang bisa diikuti untuk menjadi seorang guru teladan. Guru adalah pembangun insan cendekia, sehingga sudah sepatutnya untuk menjadi teladan bagi para muridnya.

sumber gambar: pixabay.com

One thought on “5 Tips Menjadi Guru Teladan bagi Siswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *