Tentang Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) adalah salah satu jurusan perkuliahan yang mempelajari tentang bagaimana caranya mendidik anak sesuai dalam akademik maupun karakternya.

Jika ada pertanyaan, apakah menjadi seorang guru itu mudah? Jawabannya tentulah tidak. Walaupun saat perkuliahan sudah di bimbim sedemikian rupa hingga menjadi sarjana.

Namun saat praktik di lapangan, seorang guru tidak hanya membutuhkan skill akademik. Tetapi juga harus memiliki kecerdasan emosional yang baik. Mengingat setiap anak memiliki karakter berbeda-beda.

Tentunya jika anda memang memiliki jiwa penyayang dengan anak-anak, semua hal itu akan terlewati dan berjalan dengan baik.

5 Kelebihan dalam jurusan PGSD

Jurusan PGSD masuk kedalam naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), karena jurusan pada jurusan ini merujuk bagi anda yang ingin menjadi seorang Guru SD bisa mencoba untuk kuliah dan mengambil jurusan tersebut.

Berikut ini kita akan membahas apa sajakah kelebihan-kelebihan jika anda mendaftar sebagai mahasiswa jurusan PGSD. Mari kita simak selengkapnya :

1. Bermanfaat bagi sesama

Sejatinya, guru merupakan sosok yang berperan dalam mendidik dan membentuk karakter anak bangsa. Suatu pekerjaan mulia demi menghantarkan anak-anak menggapai cita-cita.

Di tambah lagi jika ilmu yang diajarkan kepada siswa tersebut bisa benar-benar bermanfaat untuk murid dan juga kepada orang lain dimasa mendatang.

2. Menjadi teladan ilmu

Menjadi seorang pendidik pasti harus bisa menjadi contoh dan teladan bagi para siswanya. Selain harus bisa menguasai bidang akademik, guru juga dituntut agar memiliki sifat atau kepribadian yang baik dan bisa menjadi panutan bagi anak.

Karena guru akan menjadi pusat perhatian bagi seluruh siswa. Apa yang lakukan atau diperintah oleh guru para murid pasti akan menurutinya sehingga guru harus bisa memberikan hal-hal baik dan positif.

3. Memiliki peluang kerja yang luas

Kebutuhan terhadap Guru Sekolah Dasar selalu lebih besar ketimbang jurusan keguruan lainnya sehingga membuat peluang kerja bagi lulusan PGSD selalu besar. Ditambah lagi dengan adanya program pemerintah (PPPK) yang berkaitan dengan pendidikan dan kebutuhan Guru SD paling banyak di cari.

Meskipun perlu belajar ekstra agar dapat melampaui nilai passing grade, namun apa dengan disertai doa dan usaha maksimal akan mendapat hasil yang diinginkan.

jurusan-pgsd-guru

Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) adalah jurusan yang memiliki banyak keunggulan dari jurusan lain, jadi masih ragukah anda untuk memilihnya ?

sumber image :

https://www.smpn2cikpus.sch.id/berita/detail/104307/guru-kunci-keberhasilan-pendidikan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *