Jurusan Psikologi, Serba-serbi Kuliah Jurusan ini

Jurusan psikologi menjadi salah satu jurusan di perkuliahan yang semakin banyak diminati. Hal ini sejalan dengan meningkatkan kepedulian masyarakat akan kesehatan mental. Psikologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental manusia.

Tak sebatas perilaku saja, jurusan psikologi juga mempelajari mengenai jiwa yang mempengaruhi suatu tindakan manusia. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungannya. Jurusan ini akan mempelajari manusia sebagai individu, dengan memperhatikan setiap latar belakang yang mengikutinya.

jurusan-psikologi
sumber: kompasiana.com

Perkuliahan Jurusan Psikologi

Untuk mendapatkan gelar Sarjana Psikologi, mahasiswa akan menempuh pendidikan selama 8 semester atau 4 tahun. Selama waktu tersebut, ada banyak ilmu mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah yang akan dipelajari. Selama masa perkuliahan, mahasiswa dapat mengasah intuisi dan kepekaannya untuk membantu melakukan asesmen nantinya.

Toleransi dan kemauan untuk menghargai sesama manusia juga perlu dikembangkan, karena penting saat berhubungan dengan subjek atau klien nantinya. Selama perkuliahan, mahasiswa akan mengasah kemampuan untuk, komunikasi, membaca data, melakukan analisis, melakukan asesmen, menggunakan alat tes, serta mengelola empati. Selain mata kuliah wajib, ada pula mata kuliah peminatan yang bisa dipilih sesuai fokus studi yang diinginkan.

Beberapa mata kuliah yang akan ditemui selama menempuh pendidikan di jurusan psikologi, antara lain Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Abnormal, Psikologi Faal, Psikodiagnostika, Psikometri, Kepribadian, dan lain sebagainya.

Prospek Kerja

Bila berbicara mengenai prospek kerja, banyak yang mengira bahwa lulusan psikologi akan berkecimpung di bidang konseling saja. Faktanya, ada banyak peluang kerja yang menanti lulusan psikologi, karena jurusan ini merupakan salah satu lulusan yang paling banyak dicari di dunia kerja.

Beberapa pilihan karier yang bisa kamu digeluti setelah lulus dari jurusan psikologi, antara lain pekerjaan di bidang human resorces atau HRD, rekruiter, bidang pelatihan (learning & development), dan assesor. Selain itu, lulusan psikologi juga bisa bekerja sebagai tenaga pendidik atau konsultan karier. Bagi yang tertarik untuk berkarier ke dunia klinis, setelah lulus sarjana perlu untuk melanjutkan studi Magister Psikologi Profesi.

Jurusan psikologi sangat cocok bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia. Melalui ilmu psikologi, mahasiswa akan diajak untuk mengenal diri sendiri, orang lain, serta berinteraksi di lingkungan. Belajar mengenai ilmu psikologi juga akan membantu dalam menghindari kebiasaan judgemental, karena kamu dilatih untuk memahami perilaku seseorang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *