Mengenal Biologi dan Beragam Cabang Ilmunya

Biologi (Foto: medan.tribunnews.com)

Ketika belajar di sekolah dasar, kita tentu pernah belajar mengenai ilmu pengetahuan alam secara umum. Kemudian, saat naik ke sekolah menengah, pembelajaran mengenai ilmu pengetahuan alam akan mulai dikerucutkan. Salah satu mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang umumnya dipelajari adalah biologi.

Biologi berasal dari bahasa Yunani, “bios” berarti kehidupan, sementara “logos” berarti ilmu. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan makhluk hidup. Biologi atau biasa juga disebut dengan ilmu hayat ini secara garis besar mengkaji tentang struktur, fungsi, taksonomi, pertumbuhan, persebaran, dan evolusi makhluk hidup.

Memiliki lingkup yang luas, ada beberapa konsep umum yang menyatukan biologi dalam satu bidang. Sel diakui sebagai satuan dasar kehidupan, sebagai satuan dasar pewarisan, kemudian evolusi sebagai mekanisme pendorong terciptanya spesies baru. Konsep berikutnya adalah bahwa organisme bertahan hidup dengan mengonsumsi, mengubah energi, dan meregulasi keadaan dalamnya agar tetap stabil dan vital.

Cabang llmu Biologi

Ilmu biologi modern memiliki ruang lingkupyang sangat luas, terdiri dari berbagai macam cabang dan subdisiplin. Setidaknya terdapat 200 cabang ilmu biologi dari berbagai bidang, seperti sel tubuh, klasifikasi, evolusi, tumbuhan, hewan, bakteri, virus, reproduksi, kesehatan, luar angkasa, dan lain sebagainya. Dari berbagai macam cabang ilmu biologi, berikut adalah beberapa di antaranya yang patut dipelajari.

1. Anatomi

Anatomi adalah ilmu yang mempelajari struktur atau susunan tubuh organisme, serta hubungan antar bagian satu dengan lainnya. Berasal dari bahasa Yunani, anatomi artinya pembedahan atau pemotongan. Karena tubuh manusia dan hewan, maka para ilmuwan memecah lagi anatomi menjadi beberapa cabang ilmu, antara lain: gross anatomi, histologi, anatomi sistemik, anatomi regional, embiriologi, anatomi permukaan, anatomi perbandingan, anatomi radiologi, dan anatomi antropologi.

2. Taksonomi

Taksonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang penamaan, pengelompokan, dan perincian makhluk hidup berdasarkan sifatnya. Tingkatan yang terdapat dalam taksonomi dari yang terendah hingga yang tertinggi, yaitu spesies, genus, famili, ordo, kelas, filum (hewan) atau divisi (tumbuhan), dan kingdom. Tingkatan-tingkatan tersebut ditentukan oleh persamaan ciri makhluk hidup dari takson yang paling tinggi ke yang paling rendah.

3. Ekologi

Ekologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “oikos” yang berarti habitat dan “logos” yang berarti ilmu. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ruang lingkup ekologi, antara lain individu, populasi, ekosistem, komunitas, dan biosfer.

4. Botani

Botani adalah ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan atau organisme di kingdom Plantae. Secara spesifik, botani adalah ilmu studi yang mempelajari tumbuhan atau organisme multiseluler yang melakukan fotosintesis. Dalam penelitian, botani biasanya dipecah lagi menjadi beberapa kategori, misalnya anatomi tumbuhan, genetika tanaman, hingga paleobotani atau studi fosil tanaman.

5. Zoologi

Selain mempelajari tanaman, biologi juga memiliki cabang ilmu yang mempelajari hewan. Cabang ilmu biologi yang mempelajari fungsi, struktur, evolusi, dan tingkah laku hewan disebut dengan zoologi. Zoologi masih dibagi lagi menjadi beberapa cabang ilmu, seperti nematologi, malakologi, iktiologi, herpetologi, primatologi, dan masih banyak lagi.

Ada banyak lagi cabang ilmu biologi yang bisa dipelajari untuk lebih memahami mengenai kehidupan. Berbagai cabang ilmu biologi tersebut biasanya akan dipelajari secara umum di sekolah menengah. Namun, bagi yang tertarik untuk mendalami ilmu biologi dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan mengambil program studi biologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *