Skill yang Harus Dimiliki Seorang Pendidik (Guru)

Guru memiliki peran utama dalam dunia pendidikan. Skill guru akan mempengaruhi kualitas pendidikan yang diajarkannya.

Semakin besar ilmu yang dimiliki, maka akan semakin tinggi kualitas peserta didik. Tahukah anda pengertian guru secara umum ? dan skill apa sajakah yang wajib dimiliki oleh seorang tenaga pendidik ?

Secara garis besar guru adalah seseorang yang mampu mengajar, mendidik dan melatih sesuai dengan profesi serta kemampuannya.

Seiring dengan perubahan paradigma pendidikan. Pendidik diharapkan mampu mengambil keputusan, baik dalam merencanakan ataupun ketika melaksanakan proses pembelajaran.

Terutama untuk memecahkan masalah-masalah yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran berlangsung.

Agar mampu menguasai hal tersebut, pendidik harus mampu menguasai kompetensi keguruan. Mencakup penguasaan bidang ilmu, pemahaman peserta didik, dan pengembangan keprofesionalan.

Berikut adalah tiga skill wajib dimiliki oleh guru :

1. Memiliki bahasa komunikatif

Anak-anak memiliki perbedaan kepribadian masing-masing, sehingga guru dituntut untuk bisa menyesuaikan sesuai dengan watak dan sifat anak tersebut.

Penyampaiannya dapat menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak. Hindari penggunaan bahasa terlalu tinggi atau berbelit-belit.

Contohnya dalam sebuah kelas terdapat beberapa suku, dalam persoalan ini pendidik harus selektif dalam memilih bahasa agar mudah dipahami oleh semua anak.

Tidak boleh hanya memilih suku A atau suku B, karena hal tersebut dapat menimbulkan mis komunikasi antar anak. Dan menyebabkan tidak maksimalnya proses pembelajaran.

2. Mampu menerapkan metode pembelajaran yang tepat

Pemilihan metode pembelajaran akan berpengaruh besar terhadap hasil pembelajaran. Namun sebelumnya wali kelas harus memilih metode apakah yang sesuai untuk diterapkan.

Terlebih dahulu mengetahui faktor apa yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih metode tersebut.

Contohnya dalam sebuah kelas sedang berlangsung mata pelajaran IPA, tepatnya menggunakan metode  demonstrasi atau eksperimen.

3. Memiliki kesabaran dan dedikasi tinggi

Tidak semua orang bisa menjadi seorang guru, karena tidak semua orang mampu memiliki sifat sabar terhadap anak-anak. Pendidik memiliki kecerdasan emosional tinggi.

Sehingga bisa mengatur emosi untuk tidak melampiaskannya pada anak. Pendidik  juga harus memiliki ketulusan dalam mengajar.

Fase bosan akan hilang jika melihat anak muridnya mampu mencapai target permbelajaran dengan baik.

Itulah serangkaian skill guru wajib dimiliki, jika ingin bercita-cita menjadi guru sebaiknya pelajari dahulu agar tercapainya target pembelajaran.

sumber gambar :
https://www.hipwee.com/narasi/upgradedirimu-pengalamanku-mengabdi-sebagai-seorang-guru

https://glints.com/id/lowongan/wp-content/uploads/2020/06/Komunikasi.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *