4 Cara Mengasah Kedisiplinan Siswa

Sikap disiplin merupakan rasa taat serta patuh terhadap sesuatu yang menjadi tanggung jawabnya. Mengasah kedisiplinan siswa sangat perlu ditanamkan agar dirinya mampu mencapai tujuan di masa depan.

Seorang pendidik dapat memberikan arahan terhadap kepribadian siswa dan dilatih seperti setelah bangun tidur merapikan tempat tidurnya.

Sederhana memang, namun perilaku itulah yang akan membentuk anak terbiasa untuk rapi sehingga memiliki rasa disiplin ketika di situasi apapun nanti.

Jika kesadaran untuk terus bersikap disiplin sudah tertanam, maka siswa tentu saja akan disiplin dalam belajar karena tersadar proses pembelajaran itulah yang akan mengantarkannya menuju masa depan yang lebih baik.

Bagaimana cara untuk mengasah kedisiplinan siswa ?

Upaya yang ditempuh guru harus benar-benar diperhatikan. Karena perilaku anak didik tersebut akan terbentuk namun dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor keluarga dan faktor sekolah.

Dapat dilakukan melalui berbagai cara, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Memberi contoh/teladan yang baik

Belajar tentang kedisplinan ilmu tidak bisa hanya dengan menyuruh atau memberi teguran. Guru harus mampu menjadi contoh yang baik dalam berperilaku.

Misalnya guru mewajibkan anak-anak untuk hadir tepat waktu, hal yang perlu diperhatikan adalah guru tersebut harus menunjukkan pada siswa bahwa selalu tepat waktu.

Kecuali jika ada kepentingan mendesak yang mengaruskan untuk izin terlambat. Jika praktik ini tidak dilakukan bagaimana siswa akan disiplin kalau guru nya saja tidak disiplin ?

2.  Menerapkan peraturan/tata tertib sekolah

Semua sekolah pasti memiliki tata tertib berbeda-beda, namun memiliki tujuan kebaikan yang sama. Dalam menerapkan sikap disiplin bisa membuat peraturan/tata tertib harus jelas dan rinci.

Buatlah peraturan yang mengikat namun tidak memaksa, sehingga anak dengan mudah akan menaatinya.

3. Tegas dan punya pendirian

Arti kata tegas disini bukan berarti keras, tegas memiliki alasan logis atau masuk akal sedangkan keras tidak.

Terdapat pada beberapa kasus dalam memberi hukuman dengan niat untuk menegakkan kedisiplinan malah justru menimbulkan masalah baru.

Jika siswa sering diberi hukuman malah cenderung mengulangi kesalahan sama. Sehingga peraturan sudah ada hendaknya dijadikan dasar dalam mendidik siswa.

Bersikap tegas akan mendisiplinkan siswa, jika gurunya tidak tegas maka anak akan menyepelekan semua perintah yang diberikan.

4.  Bekerjasama dengan orangtua untuk membuat jadwal kegiatan

Cara efektif untuk digunakan mengasah kedisiplinan adalah dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Tanggung jawab mendidik tidak hanya di sekolah, melainkan juga dari keluarga.

Pembuatan jadwal tersebut sederhana saja, misal jam 12 siang anak diwajibkan untuk tidur siang. Jika ditaati setiap hari maka akan menumbuhkan sikap disiplin pada anak.

sumber gambar :

https://www.google.com/search?q=contoh%20gambar%20disiplin%20di%20sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *