Cara Mengkondisikan Kelas agar Menyenangkan

Pada saat menempuh pendidikan sebagai seorang guru, setiap individu akan dibekali cara mengajar yang baik dan benar. Mengingat sebegitu pentingnya peran guru untuk mencerdaskan anak bangsa.

Guru hadir sebagai pendidik, fasilitator, dan motivator. Sebagai pendidik guru harus mampu  mengajarkan, memberi tuntunan, dan memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan anak.

Sebagai fasilitator memiliki makna  berperan dalam memberikan pelayanan dan ketersediaan fasilitas dalam bentuk materi dan sebagainya agar dapat memberi kemudahan dalam proses pembelajaran.

Terakhir, dalam segi motivator seorang pendidik juga dituntut untuk menjadi pendorong siswa dalam meningkatkan kegairahan atau semangat dalam kegiatan belajar.

Tips cara mengajar agar membuat kelas menjadi menyenangkan

Menjadi seorang pendidik harus memiliki kreativitas tinggi agar mampu menarik minat siswa. Agar kelas menjadi lebih hidup, lakukanlah beberapa cara berikut ini :

1. Kuasai kelas dengan baik

Setiap kelas memiliki karakter berbeda-beda, sehingga metode yang diajarkan pun harus disesuaikan dengan keadaan.

Hindari gaya mengajar hanya berdiri atau duduk saja, karena hal ini akan sangat membosankan pada anak murid.

Lakukanlah pendekatan terhadap siswa dengan cara berkeliling lalu berinteraksi langsung. Sedikit dengan tambahan pertanyaan sederhana“Sudah paham belum nak ?”, dsb.

2. Memancing ide anak dengan memperbanyak interaksi

Memancing perhatian siswa akan membuat mereka menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Memang tidak semua anak memiliki ide yang sama karena kemampuan setiap murid berbeda..

Namun setidaknya mereka tidak merasa mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung. Cara belajar ini bisa melatih anak untuk belajar menghargai, mendengarkan serta menghormati orang lain.

Kebaranian mampu berbicara di dalam kelas dan lebih terbuka untuk menerima pendapat siswa lain akan menjadi bekal saat berbaur menghadapi masyarakat nantinya.

3. Gunakanlah media pembelajaran menarik

Penggunaan media pembelajaran unik serta menarik tentunya akan mempengaruhi minat belajar siswa menjadi lebih baik.

Sejatinya jika proses pembelajaran hanya dilakukan dengan menulis atau mendengarkan pasti murid akan merasa mudah bosan. Sedangkan tidak semua sekolah mampu menyediakan fasilitas seperti proyektor setiap saat.

Disinilah kreativitas guru diasah. Misalnya dengan menggunakan media pembelajaran kantong bilangan untuk mata pelajaran matematika. 

4. Memberi perhatian dan cinta kasih yang sama rata

Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda, untuk itu guru diwajibkan untuk memberi kasih sayang merata terhadap semua anak.

Anak-anak akan merasa percaya diri dalam kelas tersebut. Inlah macam-macam tips sebagai landasan cara mengajar agar mencapai efektivitas tinggi.

Sumber image : https://cybercamps.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *