4 Tips Mengajar Pada Jam Pelajaran Terakhir

Pelaksanaan pembelajaran yang kondusif dan efektif merupakan harapan seorang guru. Terutama dalam mengajar di jam terakhir. Pastinya membutuhkan tips mengajar yang berbeda.

Pada saat jam terakhir, anak-anak tidak lagi memiliki konsentrasi seperti pada pagi hari. Hal ini membuat guru harus memutar otak, mencari trik-trik agar suasana di kelas menjadi lebih hidup.

Semua prosedur sekolah harus dilakukan dengan baik oleh guru, termasuk apabila mengajar di jam terakhir yang sudah disusun oleh kepala sekolah.

Nah, sudah menjadi tugas kita sebagai guru professional hendaknya lapang menerima sembari mencari alternative dalam pembelajaran. Agar terwujudnya proses belajar mengajar yang kondusif.

Tips mengajar pada jam terakhir

Mengajar pada saat jam terakhir akan menimbulkan berbagai hambatan bagi seorang guru, seperti siswa mengantuk, letih, lesu dan masih banyak lagi.

Berikut adalah 4 tips atau cara agar proses pembelajaran jam terakhir di dalam kelas tetap berjalan dengan baik :

1. Berikan apersepsi yang menyenangkan

Apersepsi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru sebelum memasuki inti dari kegiatan pembelajaran. Sebagai bentuk menarik perhatian siswa untuk fokus terhadap materi.

Tujuan dilakukannya apersepsi terutama disaat jam terakhir adalah untuk mengetahui sejauh manakah kesiapan siswa? Perlu diperhatikan, tidak semua siswa dapat langsung menyerap ilmu yang telah guru sampaikan.

Guru dapat mengulas sedikit materi kemarin sebelum memasuki materi hari ini. Agar materi yang telah dipelajari dapat tersimpan dan terus diingat oleh anak.

2. Pahami satu persatu kondisi siswa melalui interaksi

Interaksi antara guru dan murid sangat perlu dilakukan, berkelilinglah di setiap tempat duduk untuk memahami kondisi anak tersebut.

Sejatinya dalam kegiatan belajar mengajar, tidak hanya siswa saja yang memperoleh manfaat. Namun juga para guru akan mendapatkan umpan balik “apakah materi yang telah disampaikan sudsh berhasil diterima oleh siswa dengan baik”.

3. Mengajak untuk melakukan permainan sederhana

Dengan melakukan permainan sederhana saat jam terakhir mampu mengusir rasa ngantuk, belajar juga terasa lebih menyenangkan.

Tujuan dari melakukan permainan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Karena, ketika anak belajar sambil bermain akan dapat meningkatkan keterampilan bicara dan bahasanya.

4. Memberi kesempatan anak untuk mencuci muka

Ini adalah cara terakhir yang dapat dilakukan, ketika cara-cara sebelumnya sudah dipraktikkan. Air bersih yang dibasuhkan pada wajah anak akan merangsang terbukanya pori-pori kulit.

Itulah yang membuat anak merasa segar dan siap untuk melanjutkan proses pembelajaran. Semoga tips mengajar pada jam terakhir ini bermanfaat, silahkan mencoba dan semoga sukses.

sumber gambar : https://mediaindonesia.com/humaniora/326969/senin-siswa-di-kabupaten-tegal-mulai-belajar-di-sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *