Calon Guru, Inilah Bekal yang Harus Dimiliki

Mengajar merupakan suatu keahlian profesional calon guru yang harus dibentuk melalui sebuah proses terencana dengan baik dan simetris serta dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang mantap.

Dalam menciptakan proses pembelajaran, seorang pendidik perlu memperhatikan kriteria keberhasilan pembelajaran agar selalu berusaha mencapai target yang diinginkan.

Menjadi seorang pendidik harus bias memahami ilmu dasar keguruan dengan baik. Terutama dalam bidang komunikasi, karena nanti dalam praktiknya guru dituntut untuk menjaga silaturahmi baik antara murid, dan orangtua murid.

Ditambah karakter dan tipikal wali murid yang beragam tentunya akan menjadi tantangan tersendiri sehingga profesi istimewa ini perlu untuk dikuasai

Empat kompetensi yang harus dikuasai sebagai calon guru

1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi ini menjadi dasar atau tolak ukur dalam pembelajaran. Karena berisi tentang perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Memahami peserta didik, serta evaluasi hasil belajar siswa agar dapat mengetahui sampai mana potensi siswa tersebut.

2. Kompetensi Kepribadian

Pendidikan memerlukan sebuah perencanaan yang matang. Agar semua struktur pembelajaran dapat berjalan dengan semestinya.

Guru sebagai peran utama harus mampu memengaruhi kearah semua proses itu sesuai dengan tata nilai yang berlaku dalam masyarakat.

Tata nilai berisi tentang moral, norma, kode etik, dan ilmu pengetahuan. Menerapkan disiplin ilmu akan membentuk watak, sikap serta kepribadian siswa menjadi lebih baik.

3.  Kompetensi Sosial

Sosial dapat diartikan sebagai interaksi antara makhluk hidup. Sebagai seorang guru akan menjadi panutan atau teladan bagi masyarakat luas.

Yang dimaksud dari kemampuan sosial tersebut terdiri dari : kemampuan guru dalam berkomunikasi baik, bekerja sama dengan masyarakat, bergaul dan simpatik, serta mempunyai pribadi yang menyenangkan. 

4. Kompetensi Profesional

Kemampuan professional yang dimaksud adalah dalam proses mengajar guru diwajibkan mengikuti dan melaksanakan peraturan yang dimiliki oleh sekolah tersebut terutama dalam proses pembelajaran.

Contoh Penerapannya adalah sebagai berikut :

1. Contoh penerapan dari kompetensi pedagogik adalah :

a. Dapat berkomunikasi dengan siswa secara lebih efektif, kooperatif serya memiliki tutur bahasa yang santun. Tujuannya adalah agar anak dapat meniru hal-hal positif.

b. Mengembangkan proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum pembelajaran yang berlaku.

2. Contoh penerapan dari kompetensi kepribadian adalah :

a. Memberi contoh sikap disiplin yang baik dalam segala aspek, seperti dating tepat waktu.

b. Mengupayakan bertindak sesuai norma, memiliki kejujuran tinggi, berakhlak mulia, dan bisa jadi teladan bagi peserta didik.

3. Contoh penerapan dari kompetensi sosial adalah :

a. Mampu berkomunikasi baik dengan masyarakat luas dan tidak membeda-bedakan ras, suku, agama dan budaya.

b. Memiliki sikap adil dan objektif dalam menangani sebuah masalah.

4. Contoh penerapan dari kompetensi sosial calon guru adalah :

a. Wajib menguasai materi yang akan disampaikan pada peserta didik.

b. Mampu memanfaatkan media atau teknologi dengan baik selama proses pembelajaran berlangsung.

sumber gambar :

https://www.kibrispdr.org/unduh-5/kartun-guru-sedang-mengajar.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *