Apa Sih Sertifikasi Guru Itu?

Guru yang professional memiliki kemampuan mumpuni dan berakhlak mulia dalam melaksanakan tugas jabatan guru.

Sertifikasi guru adalah pemberian sebuah sertifikat pendidikan sebagai bukti profesionalisme guru dalam mengajar guna menjalankan tugas.

Guru professional adalah syarat mutlak untuk mewujudkan praktik pendidikan di setiap Negara. Standar profesional guru terlihat dari berbagai macam uji kompetensi yang dilaksanakan dalam bentuk penilaian portofolio.

Tujuan dan Manfaat Sertifikasi bagi Guru

Selain untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seorang guru, berikut adalah beberapa tujuan lain dari sertifikasi guru :

1. Meningkatkan Mutu Pendidikan

Mutu memiliki arti sebuah nilai. Dalam menilai mutu sebuah pendidikan dapat dikatakan baik atau berkualitas jika, di dalam proses tersebut  terdapat informasi yang dibutuhkan guna menjalankan proses pendidikan dengan baik dan terencana.

Peningkatan mutu suatu pendidikan dapat dilakukan jika dengan cara  komunikasi, perencanaan yang baik dan kerjasama yang terencana.

2. Sebagai landasan standar profesionalisme guru dalam pembelajaran

Profesi seorang guru memiliki tanggung jawab besar serta dapat memberikan pengaruh langsung dalam pencapain tujuan pendidikan. Hal ini menjadikannya harus memiliki standar profesionalan sebagai seorang pendidik.

Setelah kita bahas tentang tujuan, berikut kita akan membahas tentang manfaat dari srtifikasi guru :

1. Melindungi Profesi guru

Melindungi yang dimaksud adalah terhadap para tenaga pendidik lain dari praktik-praktik yang tidak berkompeten serta professional dan dapat merusak citra para tenaga pendidik tersebut.

2. Meningkatkan kesejahteraan guru

Permasalahan dari kesejahteraan guru merupakan permasalahan klasik (tempo dulu) yang menjadi tanggung jawab pemerintah, untuk segera mendapatkan penyelesaian yang relevan.

Hal tersebut tertuju pada kesejahteraan guru honorer, bahkan sampai saat ini masih belum kunjung mendapatkan kesejahteraan yang signifikan.

Langkah-Langkah dalam Memperoleh Sertifikasi Guru

Setelah kita memahami pengertian dari sertifikasi guru, tujuan serta manfaatnya, Berikut kita bahas cara memberoleh sertifikasi guru tersebut :

1. Pertama kunjungi laman Layanan Program GTK Kemendikbud dan lakukan pendaftaran melalui website SIM PKB. ikuti rangkaian tahapanannya

2. Kedua, Ikuti proses pre test (essay) yang terdiri dari tes bidang studi dan pedagogik. Jika sudah selesai akan otomatis memperoleh pengumuman resmi melalui laman GTK.

3. Ketiga, Jika dinyatakan lulus, dapat mengirimkan berkas ke Dinas Pendidikan. Tunggu sampai diverifikasi oleh Dinas Pendidikan dan LPMP.

4. Keempat, setelah lolos tahap verifikasi maka akan diterbitkan mengenai penempatan di LPTK (Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan) disertai dengan verifikasi ijazah.

5. Terakhir, ikuti perkuliahan PPG selama dua semester, maka akan mendapatkan sertifikat pendidik yang bermanfaat untuk sertifikasi guru.

sumber gambar : https://prsoloraya.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1114911612/segera-guru-sertifikasi-dan-belum-sertifikasi-jangan-terlewat-informasi-ini-catat-deretan-poin-pentingnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *