Mempelajari Sandi-Sandi dalam Pramuka yang Sangat Mengasyikkan

Diantara materi yang sudah diajarkan pada saat kegiatan pramuka, terdapat materi dalam penggunaan sandi. Terdapat beberapa macam sandi yang biasanya diajarkan dan dipraktekan dalam kegiatan pramuka.

Dalam dunia kepramukaan, sandi sudah sering digunakan sebagai media pembelajaran bagi para anggota pramuka. Pembekalan materi sandi ini harus disesuaikan dengan tingkatan ilmu yang dimiliki oleh peserta pramuka. Agar para peserta  bisa menerima dan mengerti penggunaan sandi dari masing-masing sandi 

Biasanya sandi pramuka berfungsi untuk memecahkan teka-teki dalam sebuah permainan, sebagai media komunikasi antar-regu agar strateginya tidak diketahui kelompok yang lainnya.

Pengertian Sandi Pramuka

Menurut istilah, sandi mempunyai arti rahasia atau menyembunyikan yang berasal dari bahasa Sansekerta. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sandi memiliki arti sebagai rahasia atau kode. Jadi, sandi pramuka merupakan sebuah tulisan dengan huruf tertentu yang akan sulit dimengerti oleh kaum awam jika belum mempelajarinya.

Meskipun disebut sebagai sandi pramuka, tetapi penggunaannya tidak hanya digunakan dalam pramuka saja. Dalam dunia kemiliteran dan kepolisian juga menggunakan sandi untuk keperluan tertentu. 

Sandi merupakan media pembelajaran pramuka untuk melatih ketelitian, daya ingat, dan kecerdasan anggotanya. Mempelajari sandi pramuka juga memberikan tantangan tersendiri yang menarik dalam sebuah kegiatan. Penyampaian materi sandi disesuaikan dengan tingkatannya yakni siaga, penggalang, dan penegak. 

Manfaat Sandi Pramuka

1. Salah Satu Cara Berkomunikasi Antar Anggota Regu

Kegiatan pramuka biasanya pasti akan memberikan perintah untuk membentuk beberapa kelompok regu. Pemanfaatan sandi dapat digunakan untuk melakukan komunikasi  antar anggota regu secara rahasia. Sehingga trik dan strategi dari masing-masing regu tidak akan diketahui oleh regu yang lain.

2. Mengasah dan Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat

Banyak sekali sandi pramuka yang dapat membantu kita dalam memperkuat daya ingat. Karena masing-masing anggota pramuka diwajibkan untuk menghafal bermacam-macam jenis sandi pramuka tersebut. Sering menghafalnya sandi pramuka membuat otak lebih terasah. Hal itu bisa mengasah dan meningkatkan kemampuan daya ingat kita.

3. Membuat Kecerdasan Akal Semakin Bertambah

Anggota pramuka bisa meningkatkan kecerdasan mereka. Mereka akan dituntut untuk berpikir dengan membaca suatu tulisan yang menggunakan sandi. Tentu sangat sulit untuk membaca beberapa sandi tertentu. Maka otak kita akan berpikir lebih keras lagi

4. Menjadi Sarana Pembelajaran Bagi Setiap Anggota

Pramuka akan membiasakan anggotanya untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Peserta akan terbiasa berpikir untuk membaca suatu sandi. Sehingga hal itu akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Yang akan menjadi pembelajaran untuk menyelesaikan masalah dari suatu tantangan yang dihadapinya.

5. Sebagai Sarana Dalam Kegiatannya

Mempunyai manfaat sebagai sarana permainan dalam kegiatan kepramukaan. Sandi ini akan digunakan sebagai permainan tebak-tebakan dalam kegiatan outbond maupun wide games. Para peserta akan diberikan tantangan untuk menggunakan sandi pramuka sebagai pemecah jawaban untuk melakukan perjalanan berikutnya.

Macam-Macam Sandi Pramuka

1. SANDI ANGKA/ NOMOR

Sandi angka merupakan sandi pramuka yang akan memberikan penomoran pada masing-masing urutan alphabet. Contohnya huruf A berarti nomor 1, huruf B untuk nomor 2, dan seterusnya hingga huruf Z yang terakhir berarti nomor 26. Jika Anda ingin menuliskan kata PRAMUKA maka Anda bisa menggunakan sandi dengan nomor 16 – 18 – 1 – 13 – 21 – 11 – 1.

2. SANDI SEMAPHORE

Semaphore adalah sandi pramuka yang menggunakan alat bantu berupa bendera. Bendera akan digerakkan dan dipegang masing-masing kedua tangan. Setiap huruf alphabet akan memiliki bentuk sandi yang berbeda. Sandi ini juga biasa digunakan dalam parade semaphore yang menampilkan tarian bendera yang kreatif.

3. SANDI MORSE

Morse pertama kali diciptakan oleh Samuel Finley Breese Morse. Sandi morse terdiri dari beberapa kumpulan titik dan garis yang akan membentuk suatu huruf atau kalimat. Sandi morse bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa media tertentu. Diantaranya yaitu menggunakan peluit, senter, simbol titik dan garis, serta bendera morse.

4. SANDI ULAR

Ciri khas dari sandi ular yaitu terletak pada cara membacanya yang berkelok– kelok seperti halnya ular. Kelokan ini persis dengan gerakan ular yang badannya sedang melata di tanah. Membuat sandi ular ini pun cukup sangat mudah. Kita hanya akan menyusun ke bawah dari kiri kekanan secara urut maupun sebaliknya. 

5. SANDI JEPANG

Seperti namanya, sandi Jepang juga persis seperti halnya huruf dalam bahasa Jepang (Kanji). Sandi ini ditulis dari atas ke bawah dan seterusnya, sehingga sandi ini pun cukup mudah untuk dimengerti kebanyakan orang.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *