Apakah menghias kelas itu perlu ?

Tidak hanya muird, bahkan semua orang pasti menyukai keindangan. Termasuk dengan menghias kelas yang menarik. Menggunakan konsep modern atau lucu akan memperindah kelas.

Mendekor kelas akan mempengaruhi cara belajar anak-anak. Tidak hanya memperindah saja, namun dapat menambah nilai seni di dalamnya.

Ruang kelas yang nyaman tentu akan membuat penghuninya menjadi betah untuk melakukan proses pembelajaran. Biasanya tema tergantung pada jenjang kelas, semakin tinggi maka akan semakin simple.

Namun, khususnya anak TK atau SD hal ini dapat memberi efek positif terhadap perkembangan siswa.

Manfaat menghias kelas yang menarik

Bagaimanakah tema ruanganmu saat ini ? menghias kelas memiliki banyak manfaat lho! Apa saja sih ? Yuk mari kita bahas satu-persatu :

1. Dapat meningkatkan kreativitas siswa

Memberikan tanggung jawab untuk menghias ruangan tentu saja akan meningkatkan kreativitas siswa. Semua murid tampil unjuk bakatnya masing-masing.

Terdiri dari menghias pintu, jendela, serta dinding. Kreativitas siswa memiliki sisi positif untuk perkembangan peserta didik.

Jangan lupa, setelah selesai menghias kelas guru dapat memberi apresiasi dan saran agar siswa menjadi lebih semangat dalam melaksanakan tugas.

2. Menggali potensi yang dimiliki siswa

Potensi merupakan kemampuan di dalam diri dan biasanya didapatkan dari bawaan masing-masing anak. Potensi atau bakat tersebut akan terlihat jika sering diasah.

Jika anak memiliki bakat menggambar atau melukis, praktik memperindah kelas ini adalah wadah yang cocok untuk bereksplorasi.

Kedepannya anak akan merasa lebih percaya diri dengan apa yang sudah dibuatnya. Tidak jarang hal tersebut menjadikannya profesi di masa depan.

3. Menambah semangat mengikuti pembelajaran

Berbagai hiasan rapi dan menarik akan membuat seseorang merasa nyaman. Ditambah dengan hasil karya bersama teman-teman tentunya akan menambah kepuasan tersendiri.

Semangat belajar yang tinggi akan menentukan  hasil belajar. Semangat belajar memiliki beberapa manfaat bagi anak. Diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Berpengaruh terhadap produktivitas belajar

Berbeda dengan orang dewasa yang bisa dituntut harus produktif. Namun anak-anak memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan produktivitas belajarnya.

B. Mampu memahami materi yang diajarkan

Memiliki karakteristik dan kemampuan berbeda-beda menjadi alasan mengapa semangat belajar itu sangatlah penting.

Hakikatnya antara belajar materi dengan memahami materi memiliki makna berbeda. Kemampuan untuk memahami materi adalah tujuan dari proses pembelajaran.

Jika siswa paham dengan materi yang diajarkan, maka akan mampu mengerjakan semua jenis soal.  

Menghias kelas yang menarik memiliki  banyak manfaat bukan ? Yuk mulai dari sekarang.

sumber image :

https://www.dekoruma.com/artikel/96049/cara-menghias-kelas
https://sumbar.kemenag.go.id/v2/post/52785/min-7-pessel-awali-classmeeting-dengan-lomba-menghias-kelas

One thought on “Apakah menghias kelas itu perlu ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *