Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia untuk Masa Depan Siswa

Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang bersifat wajib di sekolah. Mata pelajaran ini tidak pernah lepas diajarkan di berbagai jenjang.

Penguasaannya memang begitu penting. Oleh karenanya, subjek ini mendapat porsi yang paling banyak di dalam jadwal. Serta menjadi mata pelajaran yang output-nya menjadi pertimbangan seorang siswa apakah lulus dari sekolah atau tidak.

Lantas, apa sih pentingnya belajar bahasa Indonesia?

1. Bahasa Resmi

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara kita. Bahasa ini merupakan bahasa pertama dan menjadi bahasa Ibu bagi beberapa kalangan masyarakat yang tidak mengenal bahasa daerah.

Mempelajari dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar menjadi bukti kecintaan kita terhadap negara. Serta menjadi sikap nasionalis yang paling diharapkan oleh negara.

2. Bahasa Pengantar

Karena merupakan bahasa resmi, penguasaan atas bahasa Indonesia sangat diperlukan. Sebab, itu artinya bahasa Indonesia menjadi bahasa yang digunakan sehari-hari. Dan yang paling penting, bahasa ini menjadi bahasa pengantar berbagai sektor penting, seperti pada bidang layanan masyarakat, kesehatan, hingga pendidikan.

Oleh karenanya jika tidak mampu menguasai bahasa Indonesia dengan benar, maka aktivitas yang berkenaan dengan sektor-sektor tersebut tidak akan menjadi mudah.

3. Bahasa Persatuan

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak suku bangsa dan bahasa daerah. Bahasa Indonesia lahir sebagai bahasa pemersatu dari kebinekaan tersebut. Karena menjadi bahasa persatuan, seluruh lapisan masyarakat dari berbagai daerah, suku, ras, dan agama menjadi wajib untuk mempelajarinya.

Hal ini akan berguna ketika seorang siswa keluar lingkungannya dan berhadapan dengan masyarakat yang lebih luas serta heterogen. Bahasa Indonesia bisa menjadi saranan komunikasi paling efektif untuk bertukar pikiran, pandangan, serta pengetahuan.

4. Alat Pengembangan IPTEK

Karena digunakan dalam berbagai sektor formal seperti pendidikan, bahasa Indonesia kemudian menjadi bahasa utama yang digunakan dalam proses pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta yang berkenaan dengan itu seperti kebudayaan.

Dengan demikian, segala jenis pengetahuan umum tersedia dalam bahasa Indonesia. Penyebarannya pun menggunakan bahasa tersebut. Dengan tujuan, semua kalangan masyarakat mampu mendapatkan akses yang baik pada ilmu pengetahuan dan teknologi serta segala jenis pengembangannya.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari di sekolah. Sayangnya, mata pelajaran ini kerap dianggap membosankan dan sulit untuk diikuti. Padahal dengan pendekatan yang benar, bahasa Indonesia akan menjadi pelajaran yang menyenangkan dan mudah dipelajari.

Secara garis besar, alasan dari pentingnya belajar bahasa Indonesia bagi siswa adalah penggunaannya yang luas dan menyentuh sektor-sektor yang penting dalam kehidupan. Selain sebagai bukti dari sikap nasionalis. Mempelajari bahasa Indonesia dengan baik dan benar sama dengan belajar menjadi warga negara yang baik.

sumber gambar:

https://ugm.ac.id/id/berita/22527-penutur-bahasa-indonesia-capai-300-juta-jiwa

https://dpkd.serangkab.go.id/baca/berita/kunjungan-siswa-siswi-sekolah-ke-perpustakaan-daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *