Pentingnya Mata Pelajaran Penjaskes untuk Siswa

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan atau biasa disebut penjaskes adalah salah satu mata pelajaran yang tersedia di sekolah. Mata pelajaran ini diberikan kepada peserta didik sebagai bagian dari pendidikan untuk mendapatkan jasmani dan pola hidup yang sehat. Penjaskes erat kaitannya dengan gerak manusia, sehingga penting untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.

Tak hanya pembelajaran di kelas, siswa juga memerlukan pembelajaran melalui aktivitas fisik. Dalam mata pelajaran penjaskes, para peserta didik dituntut untuk bergerak dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Secara umum, mata pelajaran penjaskes bertujuan untuk yaitu memacu pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mental emosional dan sosial yang selaras untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar, menanamkan nilai, sikap dan kebiasaan hidup sehat.

Manfaat Mata Pelajaran Penjaskes

Mata pelajaran penjaskes melibatkan aktivitas motorik secara langsung, sehingga keberadaannya sangat penting bagi peserta didik. Dengan demikian, penjaskes tidak boleh dianggap sepele dalam pendidikan sekolah anak. Berikut adalah berbagai manfaat yang diperoleh dari mata pelajaran penjaskes.

1. Memelihara Kesehatan Tubuh

Bukan rahasia lagi bahwa mata pelajaran penjaskes erat kaitannya dengan kegiatan yang menuntut banyak gerak. Mempraktikkan mata pelajaran ini dalam bentuk olahraga teratur tentu dapat membantu siswa dalam menjaga berat badan tetap ideal sesuai tahapan pertumbuhannya. Kegiatan tersebut juga membantu pembentukan otot dan tulang, sehingga menunjang pertumbuhan siswa.

Penjaskes juga mampu membentuk kebiasaan berolahraga sejak dini bagi siswa, sehingga ketika tumbuh dewasa nanti akan memiliki kemungkinan yang lebih rendah untuk mengalami diabetes tipe 2 dan hipertensi. Secara garis besar, mata pelajaran penjaskes mendukung peserta didik untuk dapat memelihara kesehatan tubuh.

2. Memberi Ruang Gerak Siswa

Mengikuti pelajaran di kelas setiap hari tentu membuat siswa merasa jenuh dan bosan. Mata pelajaran penjaskes mampu menjadi penyeimbang kegiatan belajar. Penjaskes akan memberikan kesempatan pada siswa untuk mengekspresikan diri. Pasalnya, anak-anak memiliki kebutuhan untuk bergerak dan bermain.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Perlu dipahami bahwa aktivitas fisik berkaitan dengan kesehatan jiwa anak. Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan zat endorfin yang membuat perasaan bahagia. Sehingga, siswa menjadi lebih bersemangat dalam menjalani pelajaran lain di sekolah dan beraktivitas. Penjaskes juga mampu menunjang kreativitas dan performa siswa dalam kegiatan sehari-hari.

4. Membentuk Sikap Positif

Penjaskes dapat menjadi sarana pembinaan nalar bagi siswa. Berbagai sikap yang diajarkan dalam pendidikan jasmani, antara lain kedisiplinan, kejujuran, sportivitas, dan keadilan merupakan sikap positif yang perlu ditanamkan pada siswa sebagai bekal di kemudian hari.

5. Melatih Kemampuan Bersosial

Penjaskes adalah mata pelajaran yang umumnya dilakukan secara individu dan berkelompok. Salah satu manfaat dari olahraga berkelompok adalah untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi dan kerja sama peserta didik. Kemampuan sosialisasi dan kerja sama yang baik memudahkan siswa untuk menjalankan aktivitasya sebagai makhluk sosial.

Demikianlah ulasan mengenai peran penting mata pelajara penjaskes di sekolah bagi peserta didik. Berdasarkan ulasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penjaskes sama pentingnya dengan mata pelajaran yang lainnya.

sumber gambar: http://sportstars.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *