KitaBisa Hadirkan Beasiswa Merdeka Pendidikan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Pada bulan Agustus ini, platform galang dana KitaBisa baru saja meluncurkan program beasiswa Merdeka Belajar yang diperuntukkan bagi pelajar dan mahasiswa. Seperti namanya, program tersebut bertujuan untuk memerdekakan para generasi muda dengan cara membantu pelajar dan mahasiswa aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan.

Program ini akan berlangsung mulai bulan Agustus-Desember 2022, atau dibagi menjadi lima tahap penyaluran dana bantuan. Bantuan biaya pendidikan akan disalurkan setiap akhir bulan kepada para penerima manfaat beasiswa yang telah terpilih.

beasiswa-kitabisa
Program Beasiswa Merdeka Belajar dari KitaBisa (Foto: blog.kitabisa.com)

Syarat Pendaftaran Beasiswa KitaBisa

Program ini dapat diikuti oleh pelajar SMA/SMK dan mahasiswa aktif dengan beberapa dokumen persyaratan yang perlu dipenuhi. Dokumen yang dibutuhkan terbagi menjadi dua, yaitu dokumen wajib dan dokumen pelengkap.

Dokumen wajib yang harus dilengkapi, antara lain:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa (apabila hilang dapat digantikan dengan surat keterangan pelajar/mahasiswa aktif dari instansi pendidikan asal)
  3. Kartu Keluarga

Dokumen pelengkap yang dapat dilampirkan, antara lain:

  1. Sertifikat Pendidikan (sertifikat penghargaan, sertifikat volunteer)
  2. Sertifikat Keterampilan
  3. Foto Piala/Medali Penghargaan
  4. Hasil Karya

Proses Seleksi Penerima Beasiswa

Bagi para pelajar atau mahasiswa yang hendak mendaftar, dapat melengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Kemudian, tim KitaBisa akan melakukan seleksi untuk memilih calon penerima manfaat beasiswa yang dinilai berhak memperoleh bantuan biaya pendidikan.

Proses seleksinya akan dibagi menjadi lima tahapan, yaitu:

  1. Pencarian penerima manfaat beasiswa melalui kanal KitaBisa. Bagi para pelajar atau mahasiswa yang tertarik mendaftar, dapat mengisi formulir, melampirkan dokumen pendukung, dan kemampuan yang ingin dikembangkan.
  2. Tim KitaBisa akan melakukan kurasi penerima manfaat sesuai syarat dan ketentuan, kelayakan dokumen, dan alasan mendapatkan bantuan.
  3. Verifikasi data diri dan dokumen bagi para peserta yang terpilih.
  4. Distribusi biaya pendidikan dan peralatan pendukung pembelajaran kepada para penerima beasiswa.
  5. Monitoring dan reporting oleh tim KitaBisa.

Bantuan biaya pendidikan ini hanya diberikan satu kali selama periode program, dengan nominal maksimal Rp 2.500.000. Nominal tersebut dibagi menjadi bantuan tunai sebesar Rp 2.000.000 untuk biaya pendidikan, dan Rp 500.000 untuk biaya atau barang penunjang pendidikan. Bantuan biaya pendidikan dapat digunakan untuk membayar SPP atau UKT, serta kebutuhan lainnya yang menunjang pendidikan.

Informasi terkait penerima bantuan beasiswa Mereka Pendidikan yang terpilih akan diumumkan melalui akun instagram resmi KitaBisa. Pengumuman akan disampaikan tanggal 24-26 setiap bulannya selama periode program. Para penerima manfaat beasiswa juga akan dihubungi melalui WhatsApp resmi KitaBisa.

Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 16 setiap bulannya. Kamu bisa mengunduh aplikasi KitaBisa melalui Play Store/App Store, kemudian melakukan donasi minimal Rp 1.000 di galang dana mana pun melalui aplikasi tersebut. Setelah itu, kamu bisa mendaftar di laman ktbs.in/daftaryuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *