Mengulik Arti Penting Sejarah dan Manfaat Mempelajarinya

Sebagai seorang pelajar, kamu tentu sudah tidak asing dengan mata pelajaran sejarah. Membahas hal-hal yang telah lampau, rupanya mempelajari sejarah memiliki banyak manfaat bagi manusia. Istilah sejarah digunakan secara umum pada sejarah manusia, termasuk sejarah makhluk hidup, kosmik, hingga geologi.

Sejarah atau history dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau. Perlu diketahui bahwa sejarah berbeda dengan karya fiksi, karena sejarah merupakan fakta, sementara karya fiksi merupakah hasil dari imajinasi, fantasi, dan khayalan.

Sejarah dapat mengacu pada bidang akademis yang menggunakan narasi untuk memeriksa dan menganalisis urutan peristiwa di masa lampau, tentunya secara objektif untuk menemukan sebab dan akibat yang membentuknya. Ahli sejarah atau sejarawan adalah orang-orang yang menulis tentang sejarah. Prasejarah adalah peristiwa yang terjadi sebelum catatan tertulis.

Arti Penting Sejarah

Pengetahuan sejarah memiliki peran yang sangat fundamental dalam pembentukan identitas nasional. Kesadaran akan sejarah dapat membimbing manusia kepada pengertian mengenai diri sendiri sebagai bangsa untuk melahirkan generasi yang bijaksana.

Dalam mempelajari sejarah, tentu perlu disertai pemahaman akan nilai yang terkandung, manfaat, dan juga fungsinya. Meski nilai-nilai dalam sejarah hanya berupa pengalaman-pengalaman manusia, namun hal tersebut dapat menjadi pedoman untuk memperbaiki kehidupan berikutnya.

Manfaat Sejarah

Pada hakekatnya, sejarah berfungsi untuk meningkatkan pemahaman mengenai masa lampau dan masa sekarang dalam hubungannya dengan masa yang akan datang. Secara garis besar manfaat sejarah ada empat, antara lain:

  1. Edukatif, yaitu sejarah bermanfaat untuk membawa kebijaksanaan dan kearifan.
  2. Inspiratif, yaitu sejarah bermanfaat untuk memberikan ilham.
  3. Instruktif, yaitu sejarah membantu kegiatan menyampaikan keterampilan atau pengetahuan.
  4. Rekreatif, yaitu sejarah memberikan kesenangan estetif berupa fakta-fakta kisah yang dialami manusia.

Informasi mengenai masa lampau diperoleh ahli sejarah dari berbagai sumber, misalnya saja dari catatan yang ditulis atau dicetak, benda bersejarah, bangunan dan monumen, serta wawancara. Sementara itu, sejarah modern memperoleh informasi sejarah dari foto, audio, gambar bergerak, serta rekaman video.

Tidak semua sumber informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk penelitian sejarah. Sebab, penelitian sejarah juga tergantung pada periode yang hendak diteliti, serta histiografi atau cara pandang sejarah yang berbeda satu dengan yang lain.

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai sejarah dan pentingnya mempelajari sejarah. Dapa disimpulkan bahwa mempelajari sejarah tak hanya membuat kita mengetahui apa saja yang pernah terjadi di masa lampau. Mempelajari sejarah juga mampu memberikan nilai-nilai yang dapat menjadi acuan bagi manusia untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Sejarah (Foto: careersportal.co.za)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *