Beginilah Bunyi Kode Kehormatan Pramuka yang Perlu Kamu Ketahui

Pramuka menjadi salah satu kegiatan sebagai wadah pembinaan serta pengembangan bagi setiap anggotanya baik pramuka siaga, penggalang, pandega, pembina, pelatih, majelis pembimbing dan lain sebagainya. Pramuka berisi anak muda yang gigih dalam menggapai cita-cita serta bermanfaat untuk sesamanya. 

Kode Kehormatan Gerakan Pramuka

Kode kehormatan pramuka merupakan serangkaian norma dan ketentuan dasar pramuka yang wajib dan harus dilaksanakan oleh seorang anggota pramuka dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan menjadi standar dalam bertingkah laku di lingkungan masyarakat. Lalu bisa dikatakan jika kode kehormatan pramuka merupakan kode etik yang menjadi landasan sikap serta perilaku seluruh anggota gerakan pramuka baik dalam kehidupan pribadi maupun di dalam masyarakat. 

Kode kehormatan pramuka itu sendiri terdiri atas janji-janji yang disebut dengan “Satya Pramuka” dan ketentuan nilai moral yang disebut dengan “Darma Pramuka”. Selanjutnya penerapan janji tersebut disesuaikan dengan tingkat golongan usia anggota kepramukaannya. Terdapat dua jenis kode kehormatan pramuka, yaitu Satya Pramuka serta Darma Pramuka.

Satya Pramuka berisikan janji-janji para anggota pramuka. Satya Pramuka diucapkan lisan secara sukarela dan digunakan untuk mengembangkan nilai spiritual, emosional, sosial dan intelektual tiap anggota gerakan pramuka. Sedangkan Darma Pramuka berisikan tentang ketentuan nilai moral. Darma Pramuka merupakan nilai dasar sebagai pembinaan serta pengembangan akhlak yang mulia.

Bunyi Kode Kehormatan Pramuka

Pramuka Siaga

Kode kehormatan bagi pramuka siaga terdiri dari kode yang meliputi Dwisatya (janji dan komitmen terhadap diri sendiri) dan Dwidarma (ketentuan moral).

DWISATYA

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menurut aturan keluarga.
  2. Setiap hari berbuat kebaikan.

DWIDARMA

  1. Siaga berbakti pada ayah dan ibundanya.
  2. Siaga berani dan tidak putus asa

Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak

Kode kehormatan bagi pramuka penggalang dan pramuka penegak terdiri dari dua kode yang meliputi Trisatya (janji dan komitmen terhadap diri sendiri) dan Dasadarma (ketentuan moral). Terdapat perbedaan antara Trisatya Penggalang dan Trisatya Penegak, yaitu pada golongan Penggalang terdapat kalimat “mempersiapkan diri membangun masyarakat” dan pada Penegak dan Pandega kalimat tersebut berubah menjadi “ikut serta membangun masyarakat

TRISATYA

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila,
  2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat,
  3. Menepati Dasadarma.

DASADARMA PRAMUKA

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan kesatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, terampil, dan gembira.
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja.
  8. Disiplin, berani, dan setia.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Di dalam Trisatya terdapat enam kewajiban manusia sebagai makhluk sosial yaitu,  kewajiban terhadap tuhan Yang Maha Esa, kewajiban terhadap negara kesatuan Republik Indonesia, kewajiban terhadap Pancasila, kewajiban terhadap sesama hidup, kewajiban terhadap lingkungan sosial masyarakat, dan kewajiban terhadap Dasa Darma Pramuka.

Di dalam Dasa Darma, terdapat banyak sikap yang menjadi pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari, seperti menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, menjaga kebersihan lingkungan alam, ikut serta dalam kegiatan bela negara, patuh terhadap perintah orang tua, guru, dan pembina, serta tidak banyak mengeluh dan tak mudah putus asa.

sumber gambar :

https://www.suara.com/lifestyle/2020/08/14/161039/isi-dasa-dharma-pramuka-dan-tri-satya-pramuka?page=all

https://kompas.com

One thought on “Beginilah Bunyi Kode Kehormatan Pramuka yang Perlu Kamu Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *