Media Pembelajaran, Senjata Ampuh Guru Takhlukkan Kelas

Tingginya tuntutan standar kompetensi terhadap mutu lulusan satuan pendidikan, dan pesatnya proses perkembangan globalisasi berdampak terhadap cara guru melaksanakan proses pembelajaran.

Media pembelajaran hadir untuk memberi warna baru bagi dunia pendidikan. Sebagai contoh nyata pada masa lalu hanya guru yang menjadi pusat dari semua aktivitas di kelas.

Dengan cara duduk, dengarkan, catatlah, dan hafalkan. Secara tidak langsung membuat siswa menjadi pasif yang harus menunggu guru menyampaikan materi.

Untuk itu perlu adanya pembaharuan terhadap proses pembelajaran tersebut. Karena jika ini diteruskan akan berorientasi pada pencapaian kompetensi siswa dan mutu pendidikan di Indonesia.

Apakah fungsi media pembelajaran ?

Satu hal yang penting untuk diingat adalah menyampaikan pesan melalui media sangatlah disukai karena sangat menghibur.

Sehingga penggunaan alat peraga dalam mengawali proses belajar dapat merangsang kinerja otak siswa menjadi lebih kritis.

Berikut adalah beberapa fungsi atau alasan seberapa pentingnya penggunaan media pembelajaran :

1. Belajar dan mengajar menjadi lebih menarik dan interaktif

Dalam bentuk audiovisual atau visual dapat menarik perhatian siswa bila dibandingkan dengan hanya menjelaskan deskripsi materi oleh guru.

2. Proses pembelajaran akan lebih konkret dan nyata

Dalam proses ini, siswa akan menjadi lebih mudah untuk menyerap semua materi yang diajarkan. Karena dapat mereka lihat secara langsung, dengar dan rasakan.

3. Materi pembelajaran yang diajarkan akan lebih terstandarisasi

Dalam penyampaian sebuah materi, guru dituntut bertanggung jawab sampai anak didik tersebut mengerti dengan apa yang diucapkannya.

Contohnya : apabila guru akan mengajarkan tentang materi “waktu” maka media yang digunakan adalah jam dinding.

Bisa kita bayangkan apabila tidak menggunakan media apapun, maka anak-anak akan merasa kesulitan membayangkan mana yang disebut dengan “pukul 07:00” atau “pukul 10:00”

4. Mempersingkat proses penjelasan terhadap peserta didik

Mengganti cara penjelasam terhadap materi dari semula hanya ceramah menjadi menggunakan media akan mengurangi waktu menjadi lebih efisien.

Penyediaan waktu menjadi lebih bermanfaat jika digunakan untuk mengajak siswa aktif terlibat dalam proses mengajar.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kelas dimulai. Mengingat sebegitu pentingnya media pembelajaran untuk menunjang tingkat pemahaman siswa.

sumber image : https://bekawan.com/2022/06/01/permasalahan-menggunakan-media-pembelajaran-di-sekolah-dasar/

2 thoughts on “Media Pembelajaran, Senjata Ampuh Guru Takhlukkan Kelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *