Masih Ragu untuk Jadi Guru ? Coba Baca Keistimewaan Profesi Guru Ini

Sudah tidak asing lagi kita mendengar istilah profesi atau profesional. Ya, ada banyak sekali profesi di lingkungan tempat tinggal. Namun kali ini kita akan fokus membahas tentang profesi guru.

Pengertian profesi secara umum adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian dari bidangnya dan tidak boleh dikerjakan oleh sembarang orang.

Jadi, profesi guru adalah seorang yang ahli dalam mendidik, membimbing, mengajar dan mengevaluasi peserta didik.

6 Keistimewaan dalam profesi guru

Walaupun memiliki gaji yang relatif kecil, tetapi menjadi guru adalah hal yang luar biasa bagi orang-orang yang memiliki dedikasi tinggi. Namun tidak jarang yang masih memandang sebelah mata profesi guru tersebut.

Berikut ini adalah keistimewaan ketika anda menjadi seorang pendidik, simak selengkapnya agar lebih memaknai apa saja yang akan di dapatkan oleh seorang guru :

1. Awet muda

Tanpa kita sadari saat kita berjumpa dengan guru SD, SMP, atau bahkan SMA wajah mereka tampak awet muda. Sedangkan bagi orang yang bukan berlatarbelakang seorang pendidik akan cepat terlihat tua.

Ternyata memang ada hal-hal dimana menyebabkan guru menjadi awet muda lho. Terdapat beberapa faktor diantaranya : sering tertawa, selalu bergerak, seimbangnya antara otak kanan dan kiri serta memiliki rasa senang berlebih.

A. Sering tertawa

Saat beraktivitas mengajar di kelas, seorang pendidik akan sering tersenyum bahkan tertawa bersama anak-anak. Mengenai tingkah polah muridnya yang lucu dan menggemaskan.

Dalam sebuah penelitian membuktikan tertawa dapat membuat hormon kebahagiaan akan meningkat.

B. Selalu bergerak

Makna selalu bergerak memiliki makna guru diharuskan untuk aktif dan komunikatif bersama siswa. Mulai dari berjalan lalu masuk ke kelas-kelas, hingga aktivitas di dalam kelas pun harus aktif untuk bergerak.

C. Seimbangnya antara otak kanan dan kiri

Dengan melakukan berbagai aktivitas seperti membuat rekap administrasi, memberi dan memasukkan nilai kedalam raport. Semua aktivitas tersebut menggunakan kemampuan otak kiri.

Sedangkan kemampuan otak kanan diasah melalui ide-ide kreatif dalam melaksanakan pembelajaran yang aktif.

2. Pekerjaan yang tidak monoton dan tidak membosankan

Kita ketahui bahwa menjadi seorang pendidik tidak hanya berdiri di depan kelas dengan menjelaskan materi kepada anak murid.

Namun lebih dari itu guru harus menciptakan ruang kelas yang aktif serta kreatif dengan berbagai kegiatan baik di ruangan maupun diluar ruangan.

Dengan menciptakan ide dan imajinasi agar dapat melaksanakan kegiatan tersebut tentunya profesi guru akan selalu bertemu dengan hal-hal baru sehingga tidak menimbulkan kesan monoton atau bosan.

3. Dapat melatih kesabaran

Guru merupakan sebuah profesi yang akan menghadapi berbagai macam anak dengan berbagai karakter dan latar belakang yang berbeda-beda.

Kita pahami bahwa setiap orang tentu memiliki sifat yang berbeda satu sama lain. Tidak semua anak memiliki sifat penurut, namun tak jarang yang lebih membantah dengan orangtua atau guru nya.

Disinilah letak kesabaran seorang pendidik diuji, tak perlu takut atau ragu. Justru hal menyenangkan dan mulianya menjadi seorang pendidik akan di dapat.

Guru akan senantiasa sabar menghadapi satu persatu murid tersebut dengan sabar dan ikhlas hingga anak didiknya tersebut kelak tumbuh menjadi apa yang mereka cita-citakan.

4. Amal ibadah luar biasa

Mengajar itu ibadah, merupakan kalimat yang sesuai bagi profesi guru. Mengajar merupakan salah satu tugas pokok guru di samping mengajar, penelitian, pengabdian masyarakat, dan dakwah.

Di samping ikhlas, juga harus memiliki prinsip mengajar adalah sebuah proses mengolah ladang amal serta jalan menuju surga. Murid yang kita didik merupakan sebuah jalan bagi kita menuju surga tersebut.

Karena sejatinya kebahagiaan hanya dapat diraih dengan amal kebaikan dan menyebarkan manfaat kepada orang lain. Sebagaimana kita ketahui, ilmu adalah investasi yang abadi.

5. Pahlawan tanpa tanda jasa

Bahkan selalu melekat tentang sebuah ungkapan “pahlawan tanpa tanda jasa”. Karena menjadi seorang guru memiliki jasa yang besar bagi bangsa ini.

Kelak anak didiknya akan menjadi orang-orang hebat, seperti : presiden, menteri, pejabat daerah, dan lain-lain. Berkat jasa guru juga dapat mengusir penjajah di Negara ini. Jadi, guru adalah pahlawan yang sesungguhnya.

Bisa di bayangkan jika Negara ini tidak memiliki sosok guru, pastinya tidak akan menjadi bangsa yang besar.

6. Selalu diingat oleh anak didiknya

Hal yang menjadi kesan bagi setiap orang adalah guru dari semasa ia bersekolah. Bahkan menjadi sosok yang sulit untuk dilupakan dan menjadi teladan.

Mungkin, bagi guru hanya akan mengingat satu atau beberapa dari seluruh muridnya karena terlalu banyak murid dan keikhlasan selama ia mengajar.

Namun tidak berlaku bagi anak didik, mereka akan senantiasa mengingat dimanapun anak tersebut berada. Walaupun anak tersebut tumbuh menjadi sosok pemimpin hebat di negeri ini.

Itulah sebagian dari banyaknya keistimewaan yang akan kita dapat dan rasakan dari profesi guru. Tetaplah semangat dimanapun anda mengabdi.

sumber image : https://www.google.com/search?q=Masih+Ragu+untuk+Jadi+Guru

2 thoughts on “Masih Ragu untuk Jadi Guru ? Coba Baca Keistimewaan Profesi Guru Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *