Guru SD Menguasai Semua Mata Pelajaran itu Perlu !

Menjadi seorang guru sekolah dasar serba bisa memanglah sebuah keharusan. Karena guru merupakan seseorang yang mampu menyuarakan pendidikan bagi anak bangsa.

Pola pikir seperti ini ada karena di sekolah terdapat berbagai macam mata pelajaran. Selain itu guru juga memiliki tanggung jawab mendidik moral anak-anak.

Jika guru gagal dalam menguasai materi yang akan diajarkan, apa kabar dengan peserta didik ? Ya, tentu akan terjadi tidak hal-hal negatif yang ditimbulkan.

Selain dalam menguasai materi, seorang guru juga wajib dalam menguasai metode yang akan digunakan dalam kegiatan belajar. Tentunya tidak terlepas dari manfaat yang dirasakan.

Manfaat bagi guru menguasai semua mata pelajaran

Bagi seorang dosen biasanya hanya cukup untuk menguasai satu mata pelajaran saja, namun tidak berlaku bagi guru sekolah dasar. Hal tersebut memiliki manfaat yang hanya didapatkan oleh seorang guru.

Apa sajakah manfaatnya ? Yuk mari kita bahas :

1. Menjadi lebih mudah saat menyampaikan materi pada anak

Tentunya setiap guru menginginkan kelas yang aktif dan menyenangkan bukan ? Hal tersebut harus didukung dengan penguasaan materi dan pemilihan metode yang tepat dalam menyampaikan pada anak-anak.

Penyampaian materi dengan baik dan sistematis akan bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait mata pelajaran yang disampaikan.

2. Efektivitasnya kegiatan proses pembelajaran di dalam kelas

Proses pembelajaran yang efektif ditandai dan diukur dari tingkat ketercapaian sebuah tujuan oleh sebagian besar siswa. 

Indikator dalam efektivitas belajar meliputi: (a) Ketuntasan dalam belajar, bisa dilihat dari hasil belajar yang telah mencapai nilai ketuntasan (KKM) masing-masing anak.

(b) Aktivitas saat pembelajaran berlangsung, adalah proses komunikasi dalam lingkungan kelas itu sendiri.

Baik proses dari hasil interaksi antara peserta diri dengan guru atau peserta didik dengan peserta didik lain sehingga menghasilkan perubahan akademik, sikap, tingkah laku, dan keterampilan yang diharapkan.

3. Menghemat waktu

Tidak hanya membuat lebih mudah dalam proses pembelajaran dan efektivitasnya kegiatan, namun guru sekolah dasar serba bisa juga memiliki manfaat untuk menghemat waktu yang ada.

Misalnya dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, sedangkan guru yang bersangkutan sedang izin tidak bisa mengajar.

Maka guru lain bisa menggantikan peran dari guru mata pelajaran ilmu pengetahuan alam tersebut sesuai dengan rencana pembelajaran.

sumber image : https://web.ummaspul.ac.id/2016/11/16/hospitality/

https://jurnalpost.com/analisis-implementasi-/

One thought on “Guru SD Menguasai Semua Mata Pelajaran itu Perlu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *