8 Keterampilan mengajar yang harus dimiliki guru

Ada salah satu pendapat mengatakan bahwa mengajar adalah suatu proses penyampaian atau pemerusan pengetahuan.

Hal itu mungkin karena seorang guru tersebut belum menguasai 8 keterampilan mengajar yang harus dimiliki guru.

Karena sejatinya mengajar merupakan perbuatan komplek dan signifikan, yaitu pernggunaan secara integratif banyaknya keterampilan untuk menyampaikan sebuah pesan.

8 Keterampilan mengajar yang harus dimiliki guru

Agar dapat melakukan praktik mengajar dengan efektif, menjadi pendidik yang baik paling tidak menguasai kedelapan hal berikut ini :

1. Keterampilan Bertanya

Penguasaan keterampilan bertanya bertujuan untuk menciptakan pembelajaran lebih hidup dan bermakna.

Selain itu juga dapat menstimulus kinerja otak anak untuk berpikir kritis dalam mencari pertanyaan yang positif.

2. Keterampilan Memberi Penguatan

Penguatan adalah suatu respon terhadap tingkah laku yang dapat memberikan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku anak didik tersebut.

Dengan kata lain, penguatan merupakan penghargaan yang dapat menimbulkan dorongan serta motivasi murid dalam belajar.

3. Keterampilan Mengadakan Variasi

Keterampilan mengadakan variasi adalah keterampilan seorang pendidik dalam melakukan perubahan saat proses pembelajaran, baik itu gaya mengajar atau media pembelajaran yang dipakai.

Variasi dalam pembelajaran memiliki tujuan untuk meningkatkan daya tarik dan motivasi siswa. Keterampilan ini sangat diperlukan pendidik untuk mengatasi kebosanan pada siswa.

4. Keterampilan Menjelaskan

Kegiatan menyampaikan materi atau informasi pelajaran dalam tata urutan yang terencana secara sistematis disebut dengan keterampilan menjelaskan.

Sat penyampaian usahakan harus relevan dengan tujuan. Tidak berbelit-belit agar mudah dipahami oleh peserta didik.

5. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran

Dalam hal ini seorang pendidik harus mampu memberikan motivasi, menarik perhatian siswa, serta memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah dan lain sebagainya.

6. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil

Tujuannya adalah agar anak saling berbagi informasi dan pengalaman dalam memecahkan masalah. Selain itu juga mampu mendidik anak untuk menjadi seorang pemimpin.

Melalui cara meningkatkan keterlibatan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.

7. Keterampilan Mengelola Kelas

Keterampilan ini dapat menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal guna terjadinya proses pembelajaran yang selalu serasi dan efektif bagi pendidik.

8. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan

Kelompok kecil dan perorangan merupakan suatu pengajaran yang dihadapi oleh seorang guru dengan terbatas, antara 3 sampai 9 murid yang dibagi berdasarkan kelompok tertentu.

Dalam hal ini, guru dituntut untuk membimbing proses diskusi dengan teratur yang melibatkan kelompok kecil di dalam satu kelas tertentu dan tetap melakukan interaksi tatap muka yang kooperatif.

Agar menjadi seorang pendidik yang baik dan menciptakan anak-anak berprestasi, alangkah lebih baik mempraktikkan 8 keterampilan mengajar yang harus dimiliki guru.

sumber gambar : https://cecepkustandi.wordpress.com/2015/08/19/keterampilan-dasar-mengajar-keterampilan-memembimbing-diskusi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *