Contoh Media Pembelajaran “Kantong Bilangan” untuk Materi “Bilangan Ribuan” pada Matematika

Guru dituntut agar memiliki kreativitas tinggi untuk memilih contoh media pembelajaran yang tepat terutama pada mata pelajaran matematika.

Menggunakan bilangan dan simbol serta ketajaman penalaran yang dapat membantu memperjelas serta menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaan alat peraga yang menarik akan mampu menjadikan siswa lebih aktif dan mudah memahami materi pembelajaran.

Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar

Seberapa pentingkah pelajaran matematika bagi sekolah dasar ? Dalam kaitannya dengam masyarakat, matematika memiliki fungsi untuk mengembangkan kehidupan berkomunikasi.

Namun pada dasarnya, matematika perlu diberikan kepada seluruh peserta didik dari jenjang sekolah dasar untuk membekali anak-anak agar mampu berpikir logis, analitis, kritis dan sistematis.

Selain itu juga diharapkan dapat bekerjasama dengan orang lain. Dengan kata lain, pembelajaran matematika tidak hanya mencerdaskan namun juga dapat membentuk karakter peserta didik.

Sebegitu pentingnya pelajaran matematika, tetapi pada pengaplikasiannya anak-anak masih terasa sulit, membingungkan dan terlalu rumit. Untuk itu, sebagai guru wajib mencari berbagai  contoh media pembelajaran.

Dengan harapan agar memberikan kemudahan kepada anak didik agar lebih memahami suatu konsep, prinsip dan keterampilan tertentu dengan menggunakan sebuah media tertentu.

Selain itu juga agar menumbuhkan sikap dan keterampilan dalam bidang teknologi tertentu karena siswa memiliki ketertarikan dalam menggunakan atau mengoperasikan media tertentu.

Bagaimana cara mengaplikasikan kantong bilangan ?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang proses pembuatan dan cara kerjanya , apakah anda mengetahui apa itu bilangan ribuan ?

Bilangan ribuan adalah bilangan yang terdiri dari ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan. Bilangan ini memiliki angka bervariasi bisa ganjil maupun genap.

Kantong bilangan merupakan alat inovasi sederhana yang ditujukan agar mempermudah siswa dalam memahami materi bilangan ribuan.

Contoh media pembelajaran ini berbentuk kotak (persegi) dengan empat kotak berbentuk variasi pot bunga yang menempel.

Kantong bilangan ini memiliki fungsi sebagai penentu nilai suatu bilangan. Penggunaan sedotan digunakan sebagai pengisi kantong yang tersedia sebagai indikator bilangan apakah ribuan, ratusan, puluhan, atau satuan.

Media pembelajaran kantong bilangan ini bisa disebut juga kantong ajaib, karena dapat membantu siswa untuk mempermudah dalam melakukan pembelajaran “bilangan ribuan”.

Sejatinya, pada usia sekolah dasar anak-anak masih berapa pada tahap operasional konkret, sehingga penggunaan media ini sangat membantu siswa supaya tidak hanya belajar secara abstrak.

Cara pembuatan :

1.  Alat dan bahan

a. Kardus

b. Kertas origami

c. Sedotan

d. Spidol

e. Gunting, lem, doubletape

f. Karton

Langkah-langkah pembuatan :

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Seperti kardus, kertas origami, sedotan, spidol, gunting, lem dan doubletape.

2. Potong kardus sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

3. Lapisilah kardus menggunakan karton secara menyeluruh agar terlihat rapi.

4. Buatlah tulisan “kantong bilangan” mengunakan karton lalu tempelkan pada kardus sebagai judul.

5. Lalu, ambilah kertas origami dan bentuk menjadi pot bunga. Kemudian tempelkan pada kardus tersebut.

6. Gunakan spidol untuk memberi identitas dibawah kertas origami tersebut masing-masing ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan.

7. Berilah label angka bilangan pada sedotan tersebut. Misalnya 4000,500,20,1

Cara penggunaan media kantong bilangan

Berikut ini adalah beberapa contoh soal “bilangan ribuan” dengan menggunakan media kantong bilangan :

1. Selesaikanlah bilangan ribuan : 2142

Pertama, Langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih sedotan berlabel 2000 kemudian letakkan pada kantong ribuan.

Kedua, ambilah sedotan angka 100 dan letakkan pada kantong ratusan.

Ketiga, ambilah sedotan dengan angka 40 dan letakkan pada kantong puluhan. Terakhir, ambil sedotan dengan angka 2 dan letakkan pada kantong satuan.

Maka jika dibaca dari urutan paling depan berbunyi “Dua ribu seratus empat puluh dua”.

2. Selesaikanlah bilangan ribuan : 3574

Dengan menggunakan cara yang sama, guru dapat mempraktikkan kepada anak-anak. Tujuan dari pemberian soal lebih dari satu adalah untuk memperdalam kemampuan siswa.

Pertama, Langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih sedotan berlabel 3000 kemudian letakkan pada kantong ribuan.

Kedua, ambilah sedotan angka 500 dan letakkan pada kantong ratusan.

Ketiga, ambilah sedotan dengan angka 70 dan letakkan pada kantong puluhan. Terakhir, ambil sedotan dengan angka 4 dan letakkan pada kantong satuan.

Maka jika dibaca dari urutan paling depan berbunyi “Tiga ribu lima ratus tujuh puluh empat”.

Kelebihan alat peraga kantong bilangan

1. Sangat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menarik

Pembelajaran yang menarik akan membuat siswa semakin fokus, mudah memahami serta meminimalisir tingkat kebosanan bagi siswa.

Karena cobaan terbesar saat mengajar ialah ketika siswa bosan dan memilih untuk ramai di dalam kelas.

2. Mempermudah guru untuk mengajar suatu konsep pembelajaran menjadi lebih nyata dan hidup.

Lebih nyata atau hidup memiliki makna seolah anak-anak merasakan tentang apa yang sedang dijelaskan oleh guru. Sehingga diharapkan anak-anak dapat aktif saat mengikuti pembelajaran.

3. Membantu siswa untuk lebih memahami nilai tempat suatu bilangan.

Kita ketahui bahwa tidak semua orang menyukai matematika. Walaupun tidak serumit pelajaran lain dan tidak memerlukan rumus turunan, namun memahami matematika tidak semudah yang dibayangkan.

Terlebih bagi siswa, untuk itu diharapkan dengan adanya contoh media pembelajaran kantong bilangan dapat meningkatkan kemampuan siswa pada matematika.

sumber image : http://m4y-a5a.blogspot.com/2012/04/media-pembelajaran-sedotan-drinking.html?m=1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *