Pentingnya Pendidikan Usia Dini Yang Harus Kita Tahu

Sejauh manakah anda mengetahui tentang pentingnya pendidikan usia dini ? Secara umum  pendidikan dapat mempengaruhi  perkembangan anak  dalam seluruh aspek kepribadian dan kehidupannya.

Selain itu pendidikan juga mampu mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki oleh anak, yaitu dalam bentuk fisik, intelektual, emosional, sosial serta spiritual.

Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Pendidikan Usia Dini

a. Pengertian

Anak usia dini adalah manusia kecil yang memiliki usia keemasan, artinya dalam fase ini anak akan mengalami proses mudah meniru semua aspek awal perkembangan jasmani dan rohani.

Dalam rentan usia 0-5 tahun (pra sekolah) ini akan peka terhadap lingkungan sekitar. Mereka berpendapat bahwa pandangan mereka hanyalah satu-satunya kemungkinan.

Untuk itu kita dituntut dapat memberikan rangsangan yang sesuai agar memiliki kesiapan dalam memasuki tahap pendidikan selanjutnya.

Jadi, pendidikan anak usia dini adalah upaya yang dilakukan orangtua atau guru untuk mendidik dari lahir hingga usia 5 tahun agar memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang berikutnya.

b. Tujuan

Tujuan utama dalam proses ini adalah agar anak mampu menyesuaikan atau berinteraksi langsung dengan lingkungannya. Melalui bekal yang sudah diajarkan dengan baik.

Secara lebih spesifik adalah sebagai berikut :

1. Mengajarkan keberanian

Anak memiliki karakter berbeda-beda, gen atau keturunan juga dapat mempengaruhi hal tersebut. Pada tahapan pendidikan ini akan diajarkan caranya berkomunikasi.

Dengan cara mengajak untuk mengobrol hal apa yang sudah dilalui sepanjang hari, agar memberikan ruang untuk mereka bereksplorasi.

2. Mampu berpikir kritis

Pada proses pendidikan ini, anak akan diajarkan bermain sambil belajar. Diajarkan pula hubungan sebab akibat. Untuk itu, usahakan jangan pernah untuk menghentikan pertanyaannya.

c. Manfaat

Manfaat yang diperoleh tentunya sangat besar, karena mendidik anak usia 0-5 tahun tidaklah mudah. Orangtua dituntut serba bisa dalam semua hal. Berikut beberapa manfaat secara lebih spesifik :

1.  Meningkatkan perkembangan proses belajar

Dengan bertemu banyak teman,bermain dan berinteraksi anak akan memiliki semangat serta daya juang belajar tinggi. Berlomba mencari  tahu apa yang membuat mereka penasaran.

2. Membentuk sumber daya manusia berkualitas

Peningkatan sumber daya manusia salah satunya dengan cara pemilihan cara didik yang tepat sejak dini. Karena hal tersebut dapat mengoptimalkan perkembangan secara menyeluruh.

Dapat menjadi pengingat bagi kita akan pentingnya pendidikan usia dini. Sehinggakita diwajibkan untuk seletif dalam pemilihan guna mewujudkan prestasi bangsa.

sumber gambar:

https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5614625/ini-manfaat-dan-pentingnya-pendidikan-anak-usia-dini/amp#

https://kronologi.id/2021/04/10/pendidikan-ramah-anak-di-tingkat-anak-usia-dini/?amp=1

https://edukasi.sindonews.com/newsread/422572/212/selama-pandemi-ini-program-dan-kompetensi-yang-diberikan-kepada-1-juta-lebih-guru-paud-1620493516

One thought on “Pentingnya Pendidikan Usia Dini Yang Harus Kita Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *