Ragam Fitur Google Classroom untuk Menunjang Pembelajaran Online

Pandemi global COVID-19 yang juga terjadi di Indonesia membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah sempat terhambat. Berbagai solusi pun bermunculan untuk tetap mendukung dunia pendidikan di samping segala keterbatasan. Pembelajaran daring atau online pun dilakukan untuk memastikan kegiatan pendidikan tetap berjalan. Berbagai platform yang tersedia digunakan untuk mendukung aktivitas pendidikan, salah satunya adalah Google Classroom.

Google Classroom adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Google Suite for Education. Menyediakan layanan pembelajaran daring secara gratis membuatnya banyak digunakan di sekolah maupun perguruan tinggi.

Google Classroom telah terintegrasi dengan fasilitas Google lainnya, seperti Gmail, Google Drive, Google Meet, Google Docs, dan lain sebagainya. Cara penggunaannya yang sederhana dan berbagai fitur yang tersedia membuatnya semakin menarik. Berikut adalah berbagai fitur penunjang pembelajaran yang tersedia di Google Classroom.

Google Classroom (Foto: zulletin.com)

1. Penugasan

Penugasan atau assignment adalah fitur utama yang banyak digunakan di Google Classroom. Fitur ini berfungsi sebagai tempat bagi para pengajar untuk berbagi materi pembelajaran sekaligus memberikan penugasan kepada peserta didik. Para peserta didik juga bisa mengumpulkan tugas sesuai dengan tenggat waktu yang telah diatur oleh pengajar.

File yang dilampirkan di dalam Google Classroom terintegrasi langsung dengan Google Drive, yang memastikannya tersimpan secara otomatis. Pengajar akan mendapatkan notifikasi melalui aplikasi maupun email yang terhubung saat para peserta didik mengumpulkan tugas. Para peserta didik juga akan memperoleh notifikasi mengenai tugas baru dan pengembalian tugas.

2. Penilaian

Selain dapat menjadi tempat penyampaian materi dan pengumpulan tugas, pengajar juga bisa melakukan penilaian atau grading secara langsung melalui Google Classroom. Pengaturan penilaian dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari penilaian total poin, kategori, maupun tanpa penilaian.

Pengajar juga bisa mengatur agar nilai dapat diketahui secara real time oleh para peserta didik. Bahkan, pengajar dapat mengembalikan tugas yang telah dikoreksi melalui fitur ini. Google Classroom juga memungkinkan pengajar melihat orisinalitas tugas untuk verifikasi integritas akademik dari tugas peserta didik.

3. Pengumuman

Fitur berikutnya yang tersedia adalah pengumuman atau announcement yang membantu pengajar menyampaikan informasi penting kepada peserta didik. Pengumuman yang biasanya disampaikan melalui fitur ini adalah tenggat waktu pengumpulan tugas, waktu pelaksanaan ujian, atau informasi lain terkait kegiatan pembelajaran.

Pengajar bisa menjadwalkan pengumuman yang hendak diberikan sesuai dengan kebutuhan. Setiap aktivitas yang dilakukan melalui Google Classroom akan memunculkan notifikasi melalui email penggunanya yang terhubung dengan aplikasi.

Demikianlah fitur-fitur utama yang sering digunakan dalam Google Classroom. Tentu masih banyak fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas pembelajaran daring. Selain mudah, layanan yang tersedia juga bisa diakses oleh siapa saja secara gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *