Teknik Informatika, Jurusan yang Tak Pernah Sepi Peminat

Teknik Informatika (Foto: kampusaja.com)

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan yang tak pernah sepi peminat. Teknik Informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari penggunaan teknologi komputer untuk pengolahan data dengan menggunakan prinsip dan proses logika. Meski memiliki peminat yang tinggi, rupanya masih banyak yang bingung membedakan antara Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi.

Jurusan Teknik Informatika lebih mempelajari mengenai pengolahan data pada komputer dengan proses logika. Jurusan Teknik Komputer akan lebih banyak mempelajari perangkat keras (hardware) komputer dan microcontroller. Sementara, Jurusan Sistem Informasi adalah gabungan dari manajemen dan ilmu komputer.

Hal-Hal yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika

Bagi yang tertarik untuk masuk ke Jurusan Teknik Informatika, tentu perlu mengetahui apa saja yang nantinya akan dipelajari selama masa perkuliahan. Berbagai hal yang dipelajari di jurusan ini, antara lain pemrograman, pengembangan perangkat lunak, serta teknologi jaringan komputer. Jurusan ini menuntut kecerdasan logika, dasar matematika dan kemampuan analisis yang kuat untuk meminimalisir kesalahan membuat program.

Mata kuliah yang dapat ditemukan di jurusan ini cukup beragam dan juga menantang. Beberapa mata kuliah yang akan ditemui di jurusa ini, antara lain Sistem Digital, Strukur Data, Sistem Basis Data, Sistem Operasi, Pemrograman Berorientasi Objek, Komputasi Numerik, Organisasi Komputer, dan Manajemen Basis Data.

Jurusan ini juga mempelajari Kecerdasan Buatan, Kecerdasan Komputasional, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Pemrograman Web, Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Keamanan Informasi dan Jaringan, Perancangan Perangkat Lunak, dan lain sebagainya.

Prospek Karir Lulusan Teknik Informatika

Setiap perguruan tinggi tentu memiliki namamata kuliah yang berbeda. Namun, secara umum hal yang dipelajari capaian kompetensi yang diharapkan sama. Setelah menyelesaikan pendidikan strata satu (S1) pada Jurusan Teknik Informatika, akan memperoleh gelar Sarjana Teknik, Sarjana Komputer, atau Sarjana Sains, tergantung dengan perguruan tinggi tempat menuntut ilmu.

Setelah lulus dari jurusan ini, ada banyak peluang kerja yang bisa dipilih. Selain prospek karir yang luas, gaji yang ditawarkan umumnya relatif tinggi. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan Teknik Informatika.

1. Programmer

Programmer atau pemrogram komputer adalah pekerjaan yang erat kaitannya dengan berbagai jenis perkembangan teknologi. Sebagai seorang programmer, tentu perlu menguasai bahasa pemrograman. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk menulis kode-kode (coding) suatu perangkat lunak atau aplikasi.

2. Web Developer

Web developer atau pengembang web adalah pekerjaan yang berkecimpung dalam membangung suatu sistem web atau situs web. Tanggung jawab yang dimiliki, antara lain mengatur domain, membuat basis data, mendesain, mengembangkan, dan memelihara situs web.

3. Data Scientist

Pekerjaan berikutnya yang bisa dipilih oleh lulusan Teknik Informatika adalah data scientist. Tanggung jawab yang dimiliki seorang data scientist adalah mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan. Keahlian yang perlu dimiliki untuk menempuh karir ini, antara lain data mining, scripting, programming, dan statistika.

Selain pekerjaan-pekerjaan di atas, masih banyak pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan Teknik Informatika, seperti System Analyst, System Integrator, Web Engineer, Mobile Aplication Developer, Game Developer. Karir lain yang tak kalah menarik adalah menjadi pengajar atau bekerja untuk lembaga penelitian.

Demikianlah ulasan mengenai Jurusan Teknik Informatika. Apakah kamu tertarik untuk mempelajarinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *