Memanfaatkan Smartphone sebagai Sarana Belajar

Perkembangan teknologi memiliki dampak yang besar bagi segala aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Teknologi dapat menjadi sarana belajar yang membantu guru maupun siswa dalam kegiatan terkait pendidikan, salah satunya dengan memanfaatkan smartphone. Smartphone atau ponsel pintar adalah telepon genggam yang hadir dengan berbagai kemampuan menyerupai komputer.

Smartphone telah banyak digunakan oleh masyarakat, termasuk guru dan siswa untuk mendukung kegiatan komunikasi sehari-hari. Ponsel pintar ini menyediakan layanan akses data yang membuat penggunanya dapat terhubung dengan internet dimana saja dan kapan saja. Dengan kemampuan tersebut, siapa saja dapat memanfaatkan smartphone sebagai sarana untuk mencari informasi.

Penggunaan smartphone dalam bidang pendidikan dikenal sebagai teknologi mobile learning. Smartphone sebagai media belajar mulai populer semenjak pandemi Covid-19 yang mengharuskan para siswa untuk belajar dari rumah. Pendidikan jarak jauh secara daring menjadi pilihan yang realistis, sebab pendidikan konvensional secara tatap muka sulit diterapkan untuk menekan penularan Covid-19.

Ada beberapa cara memanfaatkan smartphone sebagai sarana belajar, antara lain:

1. Mencari Informasi Terkait Materi Pembelajaran di Internet

Tersambung dengan konektivitas internet, membuat guru maupun siswa dapat memanfaatkan smartphone untuk browsing atau mencari informasi menggunakan web browser. Dengan demikian, informasi terkait materi pembelajaran tidak hanya bisa diperoleh melalui buku fisik, tetapi juga e-book, jurnal online, hingga artikel ilmiah yang tersedia di internet. Namun, patut dipahami bahwa guru maupun siswa harus selektif dalam merujuk sumber informasi di internet, sehingga informasi yang diperoleh dari internet terbukti valid.

2. Memanfaatkan Platform Pertemuan Daring

Meski tidak bisa melakukan kegiatan sekolah tatap muka, kegiatan belajar mengajar tetap bisa dilakukan secara daring atau online. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan smartphone untuk mengakses platform pertemuan daring. Dengan demikian, guru tetap bisa menyampaikan materi pembelajaran kepada para siswa secara dua arah.

3. Memanfaatkan Platform untuk Kuis dan Tugas

Selain platform pertemuan daring, ada pula platform pembelajaran yang bisa dimanfaatkan untuk pemberian dan pengumpulan tugas, serta kuis. Hal ini akan membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton. Metode pengumpulan tugas menggunakan platform juga akan memudahkan guru untuk melakukan penilaian secara langsung.

Secara garis besar, media pembelajaran berbasis smartphone bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu membutuhkan koneksi internet atau berbasis online dan tidak membutuhkan koneksi internet atau offline. Memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran akan memberikan kesempatan belajar yang lebih mendalam, karena siswa dapat mengembangkan pembelajaran melalui penelusuran informasi dari internet.

Sumber gambar: hops.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *