Macam-Macam Agenda Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak

Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana merupakan sebuah organisasi pendidikan kepramukaan yang berkaitan dengan kegiatan alam. Pertemuan Pramuka merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan oleh para anggota pramuka. Dalam kepramukaan terdapat banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan.

Tentunya pramuka saat ini sudah sangat modern jauh dari kata ketinggalan zaman. Berbagai kegiatan dalam pramuka bisa membuat anak menjadi pribadi yang lebih tangguh dalam menghadapi tantangan di masa depan. Ekstrakulikuler ini akan mewajibkan peserta didik nya untuk mengikuti berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk membentuk karakter dan jati diri nya.

Tujuan Adanya Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka mempunyai tujuan untuk membentuk para peserta didiknya menjadi:

  1. Seorang pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Mempunyai jiwa yang patriotik, taat hukum, disiplin, serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Hidup dengan kecakapan yang tinggi, sehat jasmani, dan rohaninya.
  2. Menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila. Mampu menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna. Sehingga bisa membangun dirinya sendiri secara mandiri serta  bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara. Mempunyai sikap kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

Manfaat Mengikuti Kegiatan Pramuka

1. Meningkatkan rasa percaya diri para anggota pramuka

Ketika anak-anak mengikuti kegiatan pramuka, maka mereka akan didorong untuk belajar mengenai hal-hal yang baru. Mereka akan belajar bertemu dengan banyak orang serta belajar cara menghadapi berbagai tantangan. 

2. Mendukung perkembangan kemampuan sosial emosionalnya

Berbagai kegiatan dalam pramuka akan membuka banyak kesempatan bagi pesertanya untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang baru. Latar belakang orang baru yang berbeda membuat mereka akan belajar. Dengan dikelilingi lingkungan pramuka yang saling mendukung, berani, percaya diri, dan berempati para peserta akan mendapatkan bekal untuk bersosialisasi.

3. Menekankan tanggung jawab dan disiplin dalam kehidupan

Bukan hanya sebagai kegiatan yang menyenangkan dan edukatif, tapi pramuka juga mewajibkan sikap tanggung jawab dan disiplin. Manfaat mengikuti pramuka juga menjadikan kualitas pribadi agar sukses dalam hidup dan karier di masa depan.

Agenda Kegiatan yang Dapat Diikuti Seluruh Anggota Pramuka

  1. Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) merupakan sebuah pertemuan Pramuka melalui radio dan internet. Kegiatan JOTA dan JOTI ini akan diselenggarakan di tingkat nasional dan internasional secara serentak.
  2. Estafet Tunas Kelapa (ETK) adalah sebuah kirab dalam Pramuka secara estafet dengan membawa obor, bendera merah putih, dan panji kepramukaan. Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Pramuka. 
  3. Kegiatan perkemahan dan upacara yang akan dilaksanakan untuk turut memeriahkan Hari Ulang Tahun Pramuka.

Agenda Kegiatan Pramuka Siaga

  1. Kegiatan latihan rutin yang biasa dilakukan oleh para anggota pramuka siaga.
  2. Penyelenggaraan Pesta Siaga adalah sebuah pertemuan untuk golongan Pramuka Siaga. Pesta Siaga mempunyai kegiatan permainan bersama, pameran siaga, pasar siaga, darmawisata, pentas seni budaya, karnaval, dan perkemahan satu hari (PERSARI).

Agenda Kegiatan Pramuka Penggalang

  1. Jambore adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam perkemahan besar yang diselenggarakan oleh para kwartir Gerakan Pramuka.
  2. Lomba Tingkat merupakan sebuah pertemuan Pramuka Penggalang dalam perlombaan beregu maupun perorangan atas nama regu untuk mempertandingkan sejumlah keterampilan. 
  3. Perkemahan Bhakti adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka bhakti pada masyarakat.
  4. Perkemahan  adalah pertemuan Pramuka Penggalang yang diadakan dalam rangka untuk mengevaluasi hasil latihan di gugus depan dalam satu periode. 
  5. Forum Penggalang menjadi sebuah pertemuan Pramuka Penggalang untuk mengkaji permasalahan yang dihadapi dan merumuskan hasil kajian serta memecahkan masalah secara bersama. 
  6. Penjelajahan, pertemuan para Pramuka Penggalang dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan, peta, kompas dan survival dalam hutan.

Agenda Kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega

  1. Raimuna yaitu pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam perkemahan yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka.
  2. Gladian Pimpinan Satuan adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega yang bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan. 
  3. Perkemahan adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengevaluasi hasil latihan dalam satu periode. Contohnya seperti PERSAMI, PERJUSAMI, perkemahan hari libur, dan sejenisnya.
  4. Pengembaraan adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk penjelajahan yang dilakukan di alam terbuka untuk menerapkan  pengetahuan tentang ilmu medan, peta, kompas, dan survival.
  5. Latihan Pengembangan Kepemimpinan adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan generasi muda agar dapat ikut serta dalam mengelola kwartir.
  6. Penataran, Seminar, dan Lokakarya adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengkaji permasalahan dan merumuskan hasil kajian untuk memecahkan masalah secara bersama.
  7. Sidang Paripurna adalah pertemuan antara Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun program kerja/kegiatan  dalam satu tahun untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
  8. Musppanitera merupakan singkatan dari Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera (Musppanitera). Merupakan sebuah pertemuan untuk menyusun perencanaan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti.
  9. Ulang Janji merupakan upacara pengucapan ulang janji (Trisatya) bagi Pramuka Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa yang akan dilaksanakan pada malam Hari Ulang Tahun Pramuka.

sumber gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRlgmr_G-hVXHI0mF9FhonFCNgvRuSDH7yZ_w&usqp=CAU

.

One thought on “Macam-Macam Agenda Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *